Minggu, 29 Desember 2019 07:00

Nonton Streaming, Programmer Temukan Game yang Dibuatnya Saat Masih 12 Tahun

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Nonton Streaming, Programmer Temukan Game yang Dibuatnya Saat Masih 12 Tahun

Rick Brewster adalah seorang programmer dan penulis Paint.NET, pengganti gratis untuk Microsoft Paint yang diperluas untuk memiliki fitur yang mirip dengan program pembuatan gambar seperti Photoshop d

RAKYATKU.COM - Rick Brewster adalah seorang programmer dan penulis Paint.NET, pengganti gratis untuk Microsoft Paint yang diperluas untuk memiliki fitur yang mirip dengan program pembuatan gambar seperti Photoshop dan GIMP. 

Pada tahun 1994, saat usianya 12 tahun, Brewster membuat The Golden Flute IV: The Flute of Immortality. Sebuah permainan roleplaying berbasis DOS yang terinspirasi oleh petualangan teks dari sebuah buku petunjuk 1984 tentang cara menulis game petualangan. 

Dia menulis The Golden Flute IV pada Tandy 1000 TL/2 di sebuah komputer klon IBM, dikutip dari Kotaku, Minggu (29/12/2019).

Permainan ini dimainkan seperti permainan tradisional lainnya. Anda memilih kelas karakter, menjelajahi peta dunia dengan pertemuan acak, dan membeli persediaan di kota-kota terdekat. 
Ada bos terakhir yang ditempatkan secara acak yang bisa Anda kalahkan untuk mengakhiri permainan. Ini adalah eksperimen yang rapi dari pemain muda yang belajar ke permainan program.

"Saya membuat satu salinan yang dapat diinstal ke disk 3.5" 720K yang saya bungkus dan kirimkan ke sepupu saya di pantai timur, dan hanya itu," kata Brewster dalam utas Twitter. 

Salinan itu tampaknya hilang. Ternyata, bukan itu yang terjadi. Entah bagaimana, versi gim itu menemukan jalannya ke tangan streamer Macaw, yang berspesialisasi dalam gim-gim lama dan tidak jelas. 

 

Macaw adalah seorang ahli dalam menemukan game lama dan kompilasi aneh. Lantas dia memainkan The Golden Flute IV pada 23 Desember lalu.

“Ini tidak seimbang dengan baik,” kata Macaw saat bermain. "Ini hanya beberapa upaya RPG sialan yang dilakukan pria ini."

Ketika ditanya apakah dia akan merilis The Golden Flute II dan II, Brewster menjawab ya.

"Ya, aku tidak mengerti. Kenapa tidak?" kata Brewster. “Aku mencari-cari kemarin, tetapi tidak menemukannya. Disk mungkin ada di rumah orang tua saya di suatu tempat, saya harus bertanya kepada mereka. “Mudah-mudahan, seluruh seri akan menemukan jalannya ke web.

Brewster berspekulasi di Twitter bahwa sepupunya mungkin mengunggah game ke BBS, karena entah bagaimana berakhir di arsip "Frostbyte", kumpulan game lama yang diunggah ke Internet Archive. Jika Anda penasaran bagaimana cara memainkannya, Anda dapat memeriksanya menggunakan emulator DOSbox di browser ini.