Selasa, 24 Desember 2019 05:01

Terapi Vertigo Ini Mudah Dilakukan di Rumah

Mays
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Setiap orang yang pernah mengalami vertigo, mengaku sangat tersiksa. Bahkan, Anda bisa dipaksa tidak mampu berdiri karenanya. 

RAKYATKU.COM - Setiap orang yang pernah mengalami vertigo, mengaku sangat tersiksa. Bahkan, Anda bisa dipaksa tidak mampu berdiri karenanya. 

Namun, Anda bisa meringankan gejalanya dengan melakukan gerakan yang dikategorikan sebagai terapi vertigo, tanpa harus ke dokter atau pusat kesehatan.

Dilansir dari sehatq.com, vertigo adalah jenis sakit kepala yang bukan sekadar pusing. Saat vertigo menyerang, seketika semua hal di sekitar Anda seperti berputar. Sehingga, Anda akan mengalami kehilangan keseimbangan, mual, hingga muntah.

Serangan vertigo bisa berlangsung hanya beberapa detik hingga hitungan jam. Jika vertigo Anda tergolong parah, gejalanya bisa berlangsung selama hitungan hari hingga berbulan-bulan.

Untuk meringankan rasa pusing akibat vertigo, Anda dapat melakukan berbagai gerakan dalam terapi vertigo, tanpa harus pergi ke pusat kesehatan. 
Gerakan ini pun bisa Anda lakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain.

Meskipun demikian, Anda tetap direkomendasikan untuk memeriksakan kondisi Anda terlebih dahulu ke dokter. Dokter atau terapis Anda dapat mencontohkan gerakan-gerakan berikut, kemudian Anda bisa mengulanginya sendiri di rumah.

Manuver Epley
Gerakan terapi vertigo yang paling sering dilakukan adalah Manuver Epley. Berikut gerakan yang dapat Anda lakukan jika sumber sakit Anda berasal dari sebelah kiri. Jika vertigo dikarenakan masalah pada sisi sebelah kanan, lakukan gerakan ke arah sebaliknya. 

Duduklah di tepi tempat tidur. Putar kepala Anda 45 derajat ke kiri (tapi tidak sampai sejauh bahu).
Tempatkan bantal di bawah Anda dan pastikan bantal itu akan terletak di antara bahu (bukan di bawah kepala) saat Anda berbaring. Dengan gerakan cepat, buat diri Anda berbaring telentang dengan kepala di atas tempat tidur (masih pada sudut 45 derajat).

Tahan selama 30 detik agar vertigo berhenti.
Putar kepala Anda setengah (90 derajat) ke kanan tanpa mengangkatnya. Tahan 30 detik.

Putar kepala dan tubuh Anda ke kanan sehingga Anda melihat lantai. Tahan 30 detik.

Dudukkan badan Anda, tapi jangan beranjak dulu dari tempat tidur selama beberapa menit.

Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali sehari hingga vertigo dipastikan tidak kambuh minimal dalam kurun 24 jam.

Manuver Semont
Gerakan terapi vertigo berikut dilakukan jika sumber sakit Anda berasal dari sisi kiri. Lakukan gerakan ke arah sebaliknya bila sumber vertigo Anda berasal dari sebelah kanan.

Duduklah di tepi tempat tidur, kemudian putar kepala Anda 45 derajat ke kanan.

Dengan cepat, berbaring di sisi kiri dan tahan posisi itu selama 30 detik.

Cepat bergerak untuk berbaring di ujung tempat tidur, tapi jangan mengubah arah kepala Anda. 
Pertahankan posisi sudut 45 derajat dan berbaring selama 30 detik dengan pandangan ke arah lantai.
Kembali duduk secara perlahan dan tahan selama beberapa menit.

Lakukan gerakan ini sebanyak tiga kali sehari hingga vertigo dipastikan tidak kambuh minimal dalam kurun 24 jam.

Banyak orang menyatakan gerakan terapi vertigo ini paling mudah dilakukan sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya:

Berlututlah dan lihat langit-langit selama beberapa detik.

Sentuh lantai dengan kepala Anda, selipkan dagu Anda sehingga kepala Anda mengarah ke lutut. Tunggu sampai vertigo berhenti (sekitar 30 detik).

Putar kepala Anda ke sisi yang mengalami vertigo (misalnya jika Anda merasa pusing di sisi kiri, putar menghadap siku kiri) dan tahan posisi itu selama 30 detik.

Angkat kepala dengan cepat sehingga sejajar dengan punggung saat Anda merangkak. Pertahankan kepala Anda pada sudut 45 derajat itu selama 30 detik.
Angkat kepala Anda dengan cepat sehingga sepenuhnya tegak, tetapi pertahankan kepala Anda pada bahu yang sedang Anda obati, lalu perlahan berdiri.

Anda mungkin harus mengulangi gerakan terapi vertigo ini selama beberapa kali untuk merasakan efeknya. Namun, pastikan Anda memberi jeda selama 15 menit di setiap sesi.

Bila Anda merasa tidak mampu melakukan gerakan-gerakan terapi vertigo di atas, tidak ada salahnya meminta bantuan tenaga medis di pusat kesehatan.

Jika gerakan terapi vertigo tersebut di atas tidak berhasil, konsultasikan dengan dokter mengenai alternatif lain dalam pengobatan Anda. Ada banyak jenis obat yang kerap digunakan untuk mengatasi vertigo, terutama untuk mengurangi mual dan muntah yang menyertainya.

Pengobatan vertigo biasanya merupakan kombinasi obat jenis acetylcholine, dopamine, dan histamine receptor antagonism. Asosiasi Gastroenterological Amerika merekomendasikan obat jenis anticholinergic dan antihistamine untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat vertigo.