Selasa, 24 Desember 2019 00:01

Macet di Hari Pertama Uji Coba SSA di Gowa Hanya Sementara

Mays
Konten Redaksi Rakyatku.Com

Dua petugas Dishub Gowa sedang mengatur lalu lintas dengan satu arah di jalan Masjid Raya (depan Masjid Agung Syekh Yusuf). 
Dua petugas Dishub Gowa sedang mengatur lalu lintas dengan satu arah di jalan Masjid Raya (depan Masjid Agung Syekh Yusuf). 

Kemacetan di beberapa jalan di Sungguminasa, Kabupaten Gowa, terpantau sejak pagi dan siang hari tadi.

RAKYATKU.COM, GOWA - Kemacetan di beberapa jalan di Sungguminasa, Kabupaten Gowa, terpantau sejak pagi dan siang hari tadi.

Penumpukan kendaraan yang dipantau Rakyatku.com, berada di perempatan jalan Poros Malino - jalan Poros Gowa Takalar (tepat depan pos polisi). Dan kemacetan terjadi pula di jalan pertigaan KH. Wahid Hasyim - jalan Hos Cokroaminoto. 

Namun kemacetan itu, dianggap hanya sementara oleh aparat terkait. Itu hanya saat dilakukan uji coba Sistem Satu Arah (SSA). 

Hal itu juga dilakukan jelang liburan hari raya Natal dan Tahun Baru 2020 mendatang.

Beberapa pengendara tentu dialihkan ke jalan lain, sesuai dengan SSA di yang telah ditentukan. 

"Uji coba dilaksanakan sampai akhir bulan (Desember 2019)," kata Kasat Lantas Polres Gowa, Iptu Hasrawati, Senin (23/12/2019).

"Masyarakat baru penyesuaian di hari pertama uji coba. Karena rambu-rambu baru kemarin dari Dishub Gowa yang pasang. Tapi Semoga ke depan sudah lancar," tambahnya.

Dan saat menjelang sore tadi sekitar pukul 14.00 Wita, arus lalu lintas di jalan KH. Wahid Hasyim sudah terpantau lancar.

Polisi berpangkat dua balok ini juga mengaku, telah mengerahkan sekitar 30 anggotanya untuk mengatur arus lalu lintas di lokasi.

Diketahui, SSA ini masih dalam tahap uji coba, dan akan resmi diterapkan mulai 1 Januari 2020 nanti. Berikut arus lalu lintas yang mengalami perubahan satu arah dari Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa, yang bekerja sama dengan Satuan Lalu Lintas Polres Gowa.

1. Jalan KH Wahid Hasyim, satu arah menuju Pasar Sungguminasa dan Makassar.

2. Jalan Andi Mallombassang, satu arah ke Timur jalan Poros Malino dan Pallangga.

3. Jalan Usman Salengke, satu arah ke Timur arah Jalan Poros Malino dan Pallangga.

4. Jalan Masjid Raya, satu arah ke Jalan Kacong Daeng Lalang.

5. Jalan Andi Tonro, satu arah ke Pallangga/Malino/Makassar.

6. Jalan Habibu Kulle, satu arah ke Utara jalan Sirajuddin Rani/Pallangga. 

7. Jalan Baso Erang, satu arah ke Selatan (Polres Gowa dan Makassar).

8. Jalan Pendidikan, satu arah ke Utara (Kantor Bupati dan Rujab Bupati Gowa), belok kanan ke Timur jalan Andi Mallombassang.

9. Pallangga melewati Jembatan Kembar dengan tujuan ke Makassar, belok kiri.