Sabtu, 21 Desember 2019 23:30

Ulama Malaysia Serukan Negara Muslim untuk Boikot Produk China

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
FOTO: AFP
FOTO: AFP

Negara-negara Muslim harus memulai boikot produk-produk Cina, kata seorang pengkhotbah berpengaruh di Malaysia, Mohd Asri bin Zainul Abidin.

RAKYATKU.COM - Negara-negara Muslim harus memulai boikot produk-produk Cina, kata seorang pengkhotbah berpengaruh di Malaysia, Mohd Asri bin Zainul Abidin.

Dia meminta negara-negara Muslim untuk bertindak dalam mengakhiri penahanan etnis Uighur, dikutip dari Aljazeera, Sabtu (21/12/2019).

Ahli hukum Islam terkemuka di Malaysia itu juga mengatakan, para pemimpin politik dan agama dari dunia Muslim harus melakukan lebih banyak tekanan ekonomi dan diplomatik terhadap Beijing. 

"Kita perlu melakukan boikot sampai tingkat produk China. Mereka tahu kekuatan daya beli kita," ujar Mohd Asri kepada Al Jazeera.

"Keputusan harus diambil pada tingkat tertinggi negara-negara Muslim dan ulama (ulama dan wali agama)," ujar Mohd Asri. 

Dia juga sebelumnya mengatakan kepada peserta konferensi bahwa hampir dua miliar Muslim harus melenturkan otot ekonomi mereka ke mempengaruhi kebijakan di seluruh dunia.

"Kita harus melakukan sesuatu, karena mereka (Uighur) adalah saudara dan saudari kita," tambahnya.

Sebagian besar negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) telah menjadi sasaran kritik oleh para pembela hak-hak Uighur atas kebisuan mereka dalam masalah Uighur.