Sabtu, 21 Desember 2019 08:21

Muttaqien Yunus, Menjembatani Millenial dalam Berpolitik

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Muttaqien Yunus. Ist
Muttaqien Yunus. Ist

Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia menjadi satu partai pendatang baru di kancah perpolitikan Indonesia.

RAKYATKU.COM - Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia menjadi satu partai pendatang baru di kancah perpolitikan Indonesia. Struktur kepengurusan di 24 kota kabupaten Sulawesi Selatan telah terbentuk, dan siap berpartisipasi aktif pada pelaksanaan Pilkada 2020.

Salah satu yang menarik adalah penunjukan ketua DPD Gelora Makassar, yang menjadikan E.Z. Muttaqien Yunus tersebut sebagai ketua partai termuda di Kota Makassar.

Walaupun usianya masih tergolong muda, 36 tahun, tetapi E.Z. Muttaqien Yunus bukan anak baru di kancah politik. Ia mengawali karir politiknya dengan menjadi Staf Khusus KPUD Depok pada tahun 2005. 

Setelah itu, Ia memutuskan kembali ke Kota Makassar setelah menyelesaikan studinya di Jakarta. Sosok yang akrab disapa Aking ini kemudian bergabung dengan PKS dan menjadi Ketua Bidang Humas DPW PKS Sulsel.

Lulusan Manajemen Perkotaan Pascasarjana Unhas ini juga dikenal sebagai juru bicara Tamsil-Das'ad, ketika pelaksanaan Pilkada Kota Makassar 2013.

Menurutnya, salah satu keterlibatannya dalam politik sebagai jembatan millenial dalam menyuarakan aspirasi politik kalangan millenial.

 

"Kalau kita melihat jumlah penduduk kota Makassar, anak-anak muda yang memiliki hak politik untuk memilih dan dipilih cukup besar. Di satu sisi, ada yang berpendapat tingkat apatis generasi millenial terhadap politik cukup tinggi," kata Aking.

"Padahal apa yang diharapkan oleh millenial adalah melihat dunia politik yang mampu memberikan harapan baru bagi mereka, tidak korupsi, inovatif dalam program dan membangun kotanya. Bukan dunia politik yang diisi dengan rebutan kekuasaan untuk kepentingan pribadi ataupun golongan," sambungnya.

Aking berharap, dengan jabatan ketua DPD di Gelora Makassar, dapat menjembatani suara-suara millenial dalam dunia politik.

"Dengan diamanahkannya saya sebagai ketua DPD di Gelora Makassar, semoga dapat menjembatani suara-suara millenial dan memberikan warna baru dalam dunia perpolitikan Makassar." ujar pemuda yang pada pelaksanaan Pilgub Sulsel lalu turut terlibat dalam pemenangan pasangan Prof Andalan.

Berikut profil lengkap Aking:

Nama : E.Z. Muttaqien Yunus, M.Si
TTL : Makassar, 23 Januari 1983
Jabatan : Ketua DPD Partai Gelora Makassar
Istri : Rusmini
Anak : Muhammad Adly Al Fatih dan Muhammad Abdurrahman Al Ghany
Pendidikan :
- S2 Manajemen Perkotaan UNHAS
- D IV Manajemen Tol, Teknik Sipil PNJ
- D III Teknik Sipil PNJ
- SMA Negeri 2 Makassar
- SLTP Islam Athirah 
- SD Sudirman IV

Kursus: Lemhannas 2014