Kamis, 19 Desember 2019 18:15

YouTuber Berpenghasilan Tertinggi Raup Rp364 M Setahun, Usianya Baru 8 Tahun 

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ryan Kaji
Ryan Kaji

Ryan Guan alias Ryan Kaji memperoleh US $26 juta (Rp) pada tahun 2019 di saluran YouTube-nya.

RAKYATKU.COM - Dia baru berusia delapan tahun, tapi telah menjadi YouTuber dengan penghasilan tertinggi. Dia adalah Ryan Kaji.

Menurut Forbes, bocah bernama asli Ryan Guan ini memperoleh US $26 juta (Rp364 juta) pada tahun 2019 di saluran YouTube-nya. Penghasilannya meningkat $4 juta dari yang diperoleh tahun lalu.

Salurannya "Ryan's World," diluncurkan pada tahun 2015 oleh orang tuanya. Saat itu ia baru berusia tiga tahun, tetapi dengan cepat memiliki 22,9 juta suscriber.

Awalnya salurannya Youtubenya bernama "Ryan ToysReview," dan videonya kebanyakan terdiri dari video "unboxing" mainan.

Namun baru-baru ini, saluran tersebut diganti namanya setelah organisasi advokasi konsumen, Truth in Advertising, mengajukan keluhan kepada Komisi Perdagangan Federal AS (FTC) tentang hal itu.

Truth in Advertising menuduh saluran tersebut tidak menunjukkan secara jelas video mana yang telah disponsori atau tidak.

Apalagi, saluran ini juga telah berevolusi seiring bertambahnya usia Ryan. Dia sekarang menawarkan lebih banyak video pendidikan selain mainan.

Beberapa videonya telah mengumpulkan lebih dari satu miliar tayangan. Dan sejak dibuat, saluran tersebut telah menerima hampir 35 miliar view, menurut data dari situs web Analytics Social Blade.

Dalam peringkat Forbes, Dude Perfect yang dijalankan oleh sekelompok anak Texas, berada di urutan kedua.

Di rangking ketiga adalah saluran bintang Rusia, Anastasia Radzinskaya. Di usianya yang baru lima tahun, ia menghasilkan US $18 juta.