Kamis, 19 Desember 2019 14:15

PUAN Aksi Nyata ICT Ajari Emak-emak di Takalar Bikin Empek-empek Ikan Bandeng

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
PUAN Aksi Nyata ICT Ajari Emak-emak di Takalar Bikin Empek-empek Ikan Bandeng

PUAN Aksi Nyata Indira Chunda Thita Syahrul, menyelenggarakan pelatihan membuat penganan empek-empek untuk ibu-ibu di Dusun Bontojai, Desa Kalukuang, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Kamis

RAKYATKU.COM, TAKALAR - PUAN Aksi Nyata Indira Chunda Thita Syahrul (ICT), menyelenggarakan pelatihan membuat penganan empek-empek untuk ibu-ibu di Dusun Bontojai, Desa Kalukuang, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Kamis (19/12/2019). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ibu Nasional, yang jatuh pada 22 Desember nanti. 

Puluhan ibu-ibu dan juga remaja putri, nampak antusias. Apalagi, empek-empek termasuk penganan yang terbilang mahal. Biasanya, satu porsinya dijual Rp 20 ribu. Uniknya, empek-empek yang diajarkan berbahan dasar ikan bandeng.

"Kalau biasanya empek-empek pakai ikan tenggiri, nah ini bahan dasarnya ikan bandeng. Kenapa? Karena kalau ikan tenggiri, ibu-ibu pasti berpikir untuk buat karena mahal. Bandeng juga mudah sekali didapat. Padahal, kalau tekniknya benar, rasanya sama," jelas Asniwati, instruktur pada pelatihan tersebut. 

Sementara, Ketua PUAN Aksi Nyata ICT, Dewi, menyampaikan, pelatihan tersebut merupakan bentuk perhatian Indira Chunda Thita Syahrul, terhadap kaum perempuan, khususnya kalangan emmak-emmak. Empek-empek yang dibuat bisa juga dijual, untuk menambah pendapatan keluarga. 

 

"Sekarang kan sudah serba canggih. Ibu-ibu bisa jualan online. Yang penting, ibu-ibu ini bisa bikinnya, bahannya mudah didapat, dan rasanya harus bisa bersaing," kata Dewi. 

Salah satu peserta, Deng Rannu, mengucapkan terima kasih kepada PUAN Aksi Nyata, khususnya Indira Chunda Thita Syahrul, atas dilaksanakannya pelatihan tersebut. 

"Saya pernah makan empek-empek, tapi mahal. Ternyata membuatnya mudah, tidak susah. InsyaAllah nanti dipraktekkan," ucapnya.