Rabu, 18 Desember 2019 07:00

Perempuan Pertama yang Jadi Wali Kota di Bogota Kolombia Nikahi Pacar Perempuannya

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Claudia Lopez. (Foto: AFP)
Wali Kota Claudia Lopez. (Foto: AFP)

Wali Kota Claudia Lopez, baru saja menikahi kekasih perempyan yang seorang senator dari kelompok oposisi pemerintahan. 

RAKYATKU.COM - Wali Kota Claudia Lopez, baru saja menikahi kekasih perempyan yang seorang senator dari kelompok oposisi pemerintahan. 

Lopez yang baru saja mencetak sejarah sebagai perempuan pertama yang memenangkan jabatan Wali Kota Bogota ini, menggelar pernikahannya secara privat.

Dilansir AFP, Selasa (17/12/2019), Lopez dan pasangannya yang bernama Angelica telah berpacaran selama tiga tahun. Pernikahan keduanya yang digelar pada Senin (16/12/2019) waktu setempat, berlangsung secara privat dan tidak terbuka untuk pers.

Diketahui Kolombia yang ada di kawasan Amerika Selatan ini, merupakan negara yang sangat religius dan konservatif. Namun, pernikahan sejenis dilegalkan dan pasangan sesama jenis memiliki hak untuk mengadopsi anak.

Kabar pernikahan Lopez ini terungkap via postingan Instagramnya yang ditujukan untuk Angelica yang kini telah dinikahinya. Diketahui bahwa Angelica merupakan salah satu Senator Kolombia yang berasal dari kubu oposisi.

"Terima kasih kehidupan untuk tahun yang luar biasa ini: Saya mendapatkan gelar doktor saya, memenangkan jabatan Wali Kota dan menikahi cinta dalam hidup saya," tulis Lopez dalam postingannya.

Postingan itu disertai empat foto Lopez dan Angelica dalam pakaian serba putih sambil membawa bouquet bunga.

Lopez menang tipis dalam pemilu daerah Bogota pada Oktober lalu. Dia mengalahkan kandidat liberal, Carlos Fernando Galan, dengan perolehan di atas 35 persen suara dalam pemilu yang digelar di ibu kota berpenduduk 7,2 juta jiwa.

Kemenangan Lopez dipandang sebagai langkah signifikan ke depan bagi negara yang terbiasa dipimpin oleh kaum laki-laki.

Lopez yang mantan Senator Kolombia ini akan resmi menjabat mulai 1 Januari 2020. Dia mencetak sejarah sebagai perempuan pertama yang memenangkan jabatan Wali Kota Bogota.