Selasa, 17 Desember 2019 14:23

Dalam Remang-remang, Polwan Dieksekusi Mati Kartel Meksiko di Depan Pasar

Mays
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gabriela Núñez Duarte semasa hidup
Gabriela Núñez Duarte semasa hidup

Sabtu, 14 Desember 2019. Gabriela Núñez Duarte dan rekannya sedang berpatroli malam di Kota Irapuato. Jarum jam menunjukkan pukul 21.30, ketika polwan itu berhenti di sebuah toko, di depan pasar Irapu

RAKYATKU.COM, MEKSIKO - Sabtu, 14 Desember 2019. Gabriela Núñez Duarte dan rekannya sedang berpatroli malam di Kota Irapuato. Jarum jam menunjukkan pukul 21.30, ketika polwan itu berhenti di sebuah toko, di depan pasar Irapuato.

Tiba-tiba, sekitar 12 pria bersenjata, melompat keluar dari sebuah truk. Mereka lalu menembaki Núñez Duarte dan rekan-rekannya. 

Rekan Núñez Duarte, yang namanya tidak disebutkan oleh pihak berwenang, terluka. Dia merayap mencari perlindungan di dalam toko yang dipenuhi pelanggan yang ketakutan. 

Sedang Núñez Duarte, tergeletak di tengah jalan. Nanti setelah para penyerang kabur, tubuh anggota Departemen Kepolisian Kota Irapuato itu dievakuasi ke rumah sakit setempat. Sayang, nyawanya tak tertolong. 

Polisi lainnya dirawat di rumah sakit dan terdaftar dalam kondisi kritis. Gabriela Núñez Duarte, menjadi polisi ke-12 yang terbunuh minggu lalu di negara bagian Guanajuato, Meksiko tengah.  

Kematiannya terjadi hanya tiga hari, setelah mayat bosnya, komandan María Sonia Arellano Mendoza, ditemukan meringkuk di dalam plastik hitam, yang dibuang di dekat pohon di kota yang sama.

Arellano Mendoza.

Núñez Duarte sebelumnya membentuk bagian dari detail keamanan, yang ditugaskan untuk menjaga Arellano Mendoza.

Komandan diculik bersama suami dan putranya Selasa lalu.

Para penculik membebaskan anggota keluarga, sebelum membunuh Arellano Mendoza. 

Pembunuhan Núñez Duarte dan Arellano Mendoza, adalah bagian dari gelombang serangan terhadap aparat penegak hukum di Guanajuato.

Negara bagian ini memiliki tingkat pembunuhan tertinggi di Meksiko, dengan 2.865, selama 10 bulan pertama 2019. 

Setidaknya 64 polisi telah dibunuh di Guanajuato tahun ini.

Namun dalam waktu kurang dari seminggu, 12 perwira telah tewas di empat kota, karena perang terhadap narkoba di negara itu terus lepas kendali. 

Martín Salinas Sánchez, seorang veteran polisi berusia 23 tahun, dibunuh ketika menangani perampokan di León pada pagi hari tanggal 8 Desember. Pembunuhnya, diduga Luis Fernando Tena yang berusia 19 tahun.

Dan serangan oleh Kartel Generasi Baru Jalisco, organisasi kriminal paling kuat di Meksiko, menewaskan tiga polisi di luar kantor polisi di kotamadya Villagrán, Rabu lalu.

Setidaknya 15 anggota skuat pembunuh elite kartel, melaju ke kantor polisi di tiga SUV, melepaskan tembakan dan melemparkan granat, menewaskan José Trejo, Enrique Alfaro dan Erendexy de la Fuente.

Seorang petugas polisi yang tidak dikenal terluka. 

Geng menculik empat polisi lagi, Pedro Antonio Neri, Roberto López, María Guadalupe López dan José Juan de la Fuente, dan kemudian menginterogasi mereka di depan kamera.

Para petugas polisi mengaku bekerja untuk José Antonio Yépez Ortiz, pemimpin Kartel Santa Rosa de Lima, saingan utama Kartel Generasi Baru Jalisco. Tidak diketahui apakah pengakuan mereka membawa validitas apa pun.

Mayat perwira ditemukan terpotong-potong dan ditempatkan di dalam tas di bahu jalan raya, poros kota-kota Celaya-Salamanca pada hari Jumat.

Seorang hakim yang juga diculik dari kantor polisi, dibebaskan akhir pekan lalu. 

Lembaga penegak hukum Guanajuato, menderita dua kerugian lebih banyak untuk staf mereka pada hari Kamis. 

Polisi yang tidak bertugas Alejandro González Rivera dibunuh di dalam sebuah bodega di Irapuato pada pukul 21:30. Tubuhnya ditemukan merosot di trotoar dekat mobil patroli.

Dan Irving Uribe Martínez, yang baru saja lulus dari akademi kepolisian federal tiga bulan lalu, ditembak mati ketika sedang berpatroli di kotamadya Celaya pada Kamis malam.

Beberapa pria bersenjata keluar dari sebuah SUV dan menyergap keduanya. Rekan Uribe Martínez, yang namanya tidak dilepaskan oleh pihak berwenang, terluka di kaki dan dibebaskan dari rumah sakit pada hari berikutnya.

Satu lagi petugas polisi, yang tidak diidentifikasi, ditembak mati di kota Leon.

Data pemerintah yang dirilis Senin menunjukkan, 415 polisi telah dibunuh di 28 dari 31 negara bagian Meksiko hingga 15 Desember.

Departemen kepolisian kota, terkena dampak paling parah dengan 219 polisi terbunuh. Agen kepolisian negara bagian telah kehilangan 178 agen dan institusi federal telah diguncang dengan 18 polisi terbunuh. 

Tambahan lima perwira tewas milik Garda Nasional, yang diciptakan oleh Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador musim panas ini, untuk memerangi organisasi kriminal sadis itu.