Sabtu, 14 Desember 2019 07:30

Tak Menarik, Honda Jazz Akan Disuntik Mati

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tak Menarik, Honda Jazz Akan Disuntik Mati

Tak Menarik, Honda Jazz Akan Disuntik Mati

RAKYATKU.COM - Pada gelaran Tokyo Motor Show 2019 lalu, Honda Jepang secara resmi merilis Honda Jazz terbaru. Sayangnya, model ini kemungkinan besar tak akan masuk ke Indonesia.

Mengutip Caradvice.com.au, Honda Australia bahkan dipastikan akan menghentikan penjualan Honda Jazz pada 2020 mendatang.

Mereka melihat bahwa Honda Jazz tak terlalu menguntungkan untuk dijual di Australia. Pasalnya, pasar otomotif setempat lebih tertarik pada SUV dibanding city car.

Hal serupa juga dirasakan oleh Hyundai dan Mazda di Australia. Keduanya mengaku kesulitan memasarkan city car mereka masing-masing, Hyundai Accent dan Mazda 2.

Di Australia, penjualan city car memang cenderung kecil, hanya 6%. Bahkan, pada tahun 2019, ada penurunan sebesar 16,9%. Dengan kondisi ini, berbagai pabrikan mulai memberikan diskon besar-besaran untuk produknya di kelas tersebut.

Kemungkinan terbaik yang terjadi ialah berhentinya penjualan Honda Jazz ini menjadi persiapan kehadiran model terbarunya. Skenario terburuk, itu tak akan terjadi.

Sekadar informasi, Honda Jazz yang dijual di Australia sama dengan model Indonesia. Mobil ini memiliki siluet body yang melengkung halus dengan lekukan tegas di samping.

Mesinnya pun sama persis, 4-silinder inline 1.497 cc i-VTEC SOHC. Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 120 PS dengan torsi maksimum mencapai 145 Nm.

Di Australia, Honda Jazz hadir dalam 3 varian dengan harga AUD14.990-1990, setara Rp144,6-192,8 jutaan. Sedangkan harga Honda Jazz Indonesia mencapai Rp244,8-286,juta (Kurs AUD1 = Rp9.647).