Selasa, 10 Desember 2019 22:14

SEA Games: Dihajar Vietnam 0-3, Indonesia Gagal Raih Medali Emas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama)
(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama)

Tim nasional Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam di laga final di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/11/2019).

RAKYATKU.COM - Tim nasional Indonesia kalah 0-3 dari Vietnam di laga final di Stadion Rizal Memorial, Selasa (10/11/2019). Hasil yang menjadikan Indonesia gagal meraih medali emas.

Indonesia tertinggal 0-1 di babak pertama lewat gol sundulan Doan Van Hau di menit ke-40 usai memanfaatkan tendangan bebas Do Hung Dung.

Di babak kedua Indonesia melakukan perubahan strategi bermain dengan memainkan Egy Maulana Vikri yang menggantikan Witan Sulaeman.

Namun, upaya Indonesia mencetak gol balasan sirna usai Vietnam menambah keunggulan di menit ke-59 lewat kaki kanan kapten Do Hung Dung.

M Rafli Mursalim dan Osvaldo Haay hampir saja mendapatkan peluang bagus untuk mencetak gol saat keduanya berada di kotak penalti Vietnam di menit ke-71. Tetapi, komunikasi keduanya tampak terputus, sehingga bola bola yang bergerak liar bisa diamankan kiper Nguyen Van Toan.

Van Hau kembali jadi mimpi buruk bagi Indonesia di final SEA Games 2019. Bek asal klub SC Heerenveen itu mencetak gol keduanya dalam laga tersebut pada menit ke-73.

Gol Van Hau tercipta dari tendangan bebas Nguyen Hoang Duc dari sisi kiri yang gagal diantisipasi dengan baik oleh Nadeo. Sepakan Hoang Duc ditepis Nadeo ke sisi kanan. Namun, di posisi itu Van Hau sudah dalam posisi siap dan tanpa kesulitan menyambut bola rebound itu menjadi gol.

Laga final sempat terhenti sejenak lantaran pelatih Vietnam Park Hang-seo melakukan protes berlebihan. Karena protes itu wasit Majed Mohammed Alshamrani memberi kartu merah kepada Hang-seo.

Susunan pemain

Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Andy Setyo, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika; Sani Rizki Fauzi, Zulfiandi, Evan Dimas; Witan Sulaiman, Osvaldo Haay, Saddil Ramdani.

Vietnam: Nguyen van Toan; Huynh Tan Sinh, Ho Tan Tai, Doan Van Hau, Nguyen Duc Chien, Nguyen Thanh Chung; Nguyen Trong Hoang, Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung; Ha Duc Chinh, Nguyen Tien Linh. (sry/bac)