Rabu, 11 Desember 2019 00:30

Terlalu Berpikir Positif Ternyata Bisa Menghambat Kesuksesan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Berpikir positif baik untuk kesehatan, juga pikiran. Akan tetapi, terlalu berpikir positif juga dapat menghalangi kesuksesan.

RAKYATKU.COM - Berpikir positif baik untuk kesehatan, juga pikiran. Akan tetapi, terlalu berpikir positif juga dapat menghalangi kesuksesan.

Begitu banyak saat ini penelitian dan buku-buku yang menjelaskan dengan berpikir positif itu dapat merubah pola pikir menjadi lebih baik untuk kesuksesan.

Namun, jangan sampai terjebak, karena hal itu tidak semuanya benar. Dikutip BBC, ada lima hal yang perlu diketahui, terlalu berpikir positif bisa menghambat kesuksesan.

1. Positif harus tetap realistis
Berpikir positif memang dapat memberikan rasa bahagia, dan seolah-olah akan baik-baik saja, tetapi juga perlu adanya pemikiran yang realistis (nyata), karena kenyataannya akan banyak sekali rintangan yang kamu hadapi, dan tidak seperti yang dibayangkan dalam mencapai kesuksesan.

2. Fantasi yang menggoda
Sering kali ketika orang berfantasi tentang mencapai impiannya, mereka tidak berupaya dengan sungguh-sungguh, karena sudah terlena dengan khayalannya sendiri. Misalnya, ada seorang lulusan sarjana baru, sedang berkhayal bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah, pada akhirnya mereka akan terlena dan hanya sedikit berusaha. 

Hal ini justru berbeda dengan seorang lulusan sarjana baru yang dilanda dengan rasa keraguan dan kekhawatiran yang tinggi, ia akan lebih berusaha keras, karena sadar mendapatkan pekerjaan tidak semudah seperti yang dibayangkannya.

3. Hanya bersifat jangka pendek
Coba kamu pikirkan, kapan terakhir mengejar impian seperti yang sudah kamu rencanakan sebelumnya? Sering kali seseorang akan cepat hilang gairah saat dipertengahan jalan, karena pikiran positifnya tidak kuat menghadapi berbagai masalah yang terjadi.

4. Dapat meremehkan risiko
Perlunya memikirkan risiko adalah hal yang wajib dilakukan, karena dalam melakukan segala sesuatu tentu ada risikonya. Jadi, jangan sampai terjebak oleh pikiran positifmu sendiri.

5. Lupa berpikir kondisi terburuk
Pentingnya memikirkan kondisi terburuk dari apa yang kamu telah rencanakan, dengan begitu kamu akan dapat mengantisipasi, jika hal itu benar-benar terjadi.

Sumber: Detik.com