Rabu, 11 Desember 2019 06:30

Kabar Gembira! Pendaftaran CPNS akan Dibuka Lagi Tahun Depan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB), Tjahjo Kumolo, mengatakan pendaftaran CPNS bakal kembali dibuka pada tahun 2020.

RAKYATKU.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB), Tjahjo Kumolo, mengatakan pendaftaran CPNS bakal kembali dibuka pada tahun 2020. Itu dilakukan apabila kebutuhan CPNS masih diperlukan.

"Kalau ada yang memenuhi kebutuhan masih banyak, contohnya sekarang ada lima kali kuota yang diterima. Kan kasihan. Maka tahun depan kalau (CPNS) ini sudah selesai akan kami buka lagi," kata Tjahjo di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Tjahjo berujar, seleksi CPNS tahun depan bakal kembali dibuka dengan pertimbangan masih banyak kebutuhan di daerah. Untuk tahun lalu saja, banyak peserta CPNS yang tak lolos di daerah.

"Tahun kemarin itu ada banyak daerah yang nggak lulus semua juga ada. Ya kalau yang sekarang kosong ya jangan tanya saya. Ya kenapa kok minatnya kecil? Kan sekarang banyak yang diminta jurusan IT, kalau butuh dokter spesialis minta ke Depkes, minta ahli intelejen ya ke BIN," jelasnya.

Tjahjo belum bisa memastikan kapan CPNS 2020 dibuka. Dia hanya bilang, pembukaan lowongan dilakukan setelah seluruh proses CPNS 2019 rampung. 

Sementara lowongan atau formasi yang diutamakan dalam pendaftaran CPNS 2020 di antaranya guru, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh.

"Jadi ke depan kita mengutamakan untuk pengadaan tenaga guru, dan tenaga kesehatan, di tambah tenaga-tenaga penyuluhnya. Makanya kalau tahun ini sudah, kita nanti buka lagi," tutur Tjahjo.

Sumber: Detik.com