Jumat, 06 Desember 2019 04:30

Ini Jarak Ideal Ganti Oli Mesin Motor

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ini Jarak Ideal Ganti Oli Mesin Motor

Saat membeli motor, pasti dibekali buku petunjuk sebagai panduan melakukan servis dan informasi kendaraan. 

RAKYATKU.COM - Saat membeli motor, pasti dibekali buku petunjuk sebagai panduan melakukan servis dan informasi kendaraan. 

Salah satu yang harus diperhatikan ialah petunjuk terkait penggantian oli mesin dan gardan (untuk matik).

Meski demikian, ada saja pemilik motor yang enggan membaca buku petunjuk dan tidak mengetahui kapan harus melakukan pergantian oli mesin.

Pada buku manual disebutkan, rata-rata penggantian oli mesin rutin dilakukan setiap 2.000 sampai 3.000 kilometer atau 2 bulan sekali.

Namun, ada baiknya pergantian oli mesin skuter matik disesuaikan dengan kondisi kendaraan serta cara pemakaian pemiliknya.

Apabila kendaraan sering digunakan di jalan menanjak atau melewati genangan air, sebaiknya pergantian oli dilakukan lebih cepat. Demikian seperti dilansir Federal Oil.

Selain itu dilansir Liputa6, saat skutik sudah terasa berat dan memiliki suara kasar sebaiknya pemilik kendaraan juga memperhatikan pergantian oli.

Beberapa mekanik bahkan menyarankan mengganti oli mesin lebih cepat dari waktu yang ditentukan, dan tidak berpatokan dengan jarak tempuh agar performa kendaraan tetap terjaga.