Rabu, 04 Desember 2019 07:30

Ini Wilayah di Indonesia yang akan Dilintasi Gerhana Matahari Cincin

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: BMKG.
Foto: BMKG.

Fenomena Gerhana Matahari Cincin diprediksi muncul pada 26 Desember 2019. Keterangan situs planetarium.jakarta.go.id

RAKYATKU.COM - Fenomena Gerhana Matahari Cincin diprediksi muncul pada 26 Desember 2019. Keterangan situs planetarium.jakarta.go.id, masyarakat di Indonesia dapat menyaksikan fenomena itu.

Tepatnya pada Kamis (26/12/2019), masyarakat Indonesia dapat menyaksikan Gerhana Matahari Cincin atau Gerhana Matahari Parsial tergantung dari lokasi pengamat. 

GMC dapat disaksikan mulai dari daerah Padang Sidempuan (Sumatera Utara), Batam (Kepulauan Riau), Singkawang (Kalimantan Barat), sebagian Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Kembali pada fenomena yang akan terjadi bahwa fase cincin pada GMC adalah wilayah yang dilalui oleh bayangan antumbra, yaitu perpanjangan proyeksi dari umbra (bayangan utama) di mana Bulan tepat berada di depan Matahari, tetapi piringannya tampak lebih kecil, tidak menutupi piringan Matahari.

Sementara itu, fase parsial/sebagian seperti yang akan terjadi di Jakarta adalah wilayah yang dilalui penumbra. Tampak piringan Bulan hanya menutupi sebagian piringan Matahari.

GMC secara global melewati wilayah Eropa bagian timur, sebagian besar Asia, Australia barat daya, Afrika timur, Samudra Pasifik, Samudra Hindia; dan lokasi puncak GMC pada koordinat 01°LU 102,3°BT (dekat Sungai Apit, Mengkapan, Provinsi Riau).