Minggu, 01 Desember 2019 20:11

Survei SMRC Bulukumba Bocor, Tomy Satria Teratas

Mays
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tomy Satria Yulianto (pakai topi) bersepeda bersama warga.
Tomy Satria Yulianto (pakai topi) bersepeda bersama warga.

Akhir pekan ini, ruang obrolan warung kopi di Bulukumba tiba-tiba heboh. Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bocor. Isinya tentang Pilkada Kabupaten Bulukumba tahun 2020.

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Akhir pekan ini, ruang obrolan warung kopi di Bulukumba tiba-tiba heboh. Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bocor. Isinya tentang Pilkada Kabupaten Bulukumba tahun 2020.

Pada diagram yang ditampilkan per November 2019, tiga nama bertengger pada posisi teratas. Yaitu, Tomy Satria Yulianto, disusul oleh Askar HL dan di urutan tiga, Abdul Kahar Muslim.

Persentase popularitas atau yang tahu tentang calon, ketiganya terbilang tipis. Tomy Satria Yulianto teratas dengan popularitas 81 persen, Askar HL 79 persen, dan Abdul Kahar Muslim 54 persen.

Sementara pada tingkat kesukaan atau akseptabilitas, Tomy masih yang teratas dengan angka 93 persen, disusul Askar HL 85 persen dan Abdul Kahar Muslim 85 persen.

Untuk semua jenis simulasi yang digambarkan SMRC, Tomy Satria dan Askar HL masih yang tertinggi. Sedangkan pada posisi ketiga, untuk tingkat elektabilitas, Hamzah Pangky adalah kandidat yang muncul.

Dari draft digital yang beredar itu, simulasi sembilan nama elektabilitas Tomy Satria berada di angka 37,1 persen. Disusul berturut-turut; Askar HL 23,7 persen, Andi Hamzah Pangki 5,4 persen, Arum Spink 4,9 persen, Andi Edy Manaf 3,2 persen, Andi Muchtar Ali Yusuf 2,7 persen, Andi Murniati Makking 0,2 persen, Andi Bau Amal 0,2 persen dan Syahruni Haris 0,0 persen. Sementara yang tidak memberikan jawaban 22,7 persen.

Sementara untuk simulasi tujuh pasangan calon, elektabilitas Tomy Satria 38,5 persen. Disusul berturut-turut; Askar HL 25,9 persen, Andi Hamzah Pangki 5,6 persen, Andi Edy Manaf 3,2 persen, Andi Muchtar Ali Yusuf 2,7 persen, Andi Murniati Makking 0,2 persen, Syahruni Haris 0,0 persen dan yang tidak memberikan jawaban sebanyak 23,9 persen.

Pada bagian kesimpulan dan saran survei tersebut menyebutkan, saingan terdekat Tomy Satria adalah Askar HL, yang mendapat dukungan antara 23,7 persen hingga 34,4 persen.

Di semua simulasi pilihan tertutup (9-2 nama calon bupati Tomy Satria Yulianto mendapatkan dukungan tertinggi. Dukungan yang didapat Tomy Satria Yulianto di semua simulasi tersebut sekitar 37,1 persen - 40,2 persen.

Kesimpulan lain, Tomy Satria sampai saat survei dilakukan mempunyai peluang paling besar, untuk mempertahankan kursi bupati. Hanya dengan angka itu dukungan kepada Tomy Satria belum istimewa.

Sedangkan dari lima citra, perhatian pada rakyat, jujur, bisa dipercaya dan bersih dari korupsi, tegas dan berwibawa, mampu memimpin yang dimiliki Tomy Satria lebih tinggi dibanding Askar HL.

"Inilah yang menjelaskan elektabilitas Tomy Satria sementara lebih tinggi dibanding Askar HL," demikian kalimat yang dikutip dari kesimpulan survei.

Koordinator SMRC Wilayah Sulawesi, Riswandi Atto Taroempoe yang dikonfirmasi mengakui, hasil surveinya yang beredar di jagad maya, meski belum dirilis resmi.

Iapun tidak membantah hasil survei itu, namun dia juga enggan memberikan keterangan pembenaran. Alasannya, baru saja melihat hasil yang berseliweran itu.

"Iya, kita memang pernah turun," kata Atto sapaan akrabnya, Sabtu malam kemarin, 29

Atto juga membenarkan, tim riset SMRC memang sudah turun di Kabupaten Bulukumba.