Senin, 25 November 2019 17:11

Tol Mamminasata Masuk Agenda Pembangunan Nasional Jokowi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Liputan6)
Ilustrasi. (Foto: Liputan6)

Proyek tol Makassar - Maros - Sungguminasa - Takalar (Maminasata), masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Proyek tol Makassar - Maros - Sungguminasa - Takalar (Mamminasata), masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020.

Tol Mamminasata ini, rencanannya, akan dibangun sepanjang 48,12 kilomter. Dengan nilai Rp9,41 triliun.

"Tapi ini pembiayaannya dari pusat. Dan sudah masuk dalam program periode kedua Bapak Presiden Joko Widodo," kata Sekretaris Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel, Muhammad Saleh, Senin (25/11/2019).

Dia menjelaskan, proyek jalan tol ini, rencananya akan masuk menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Pembahasannya ini dilakukan saat ada rapat penyusunan di Manado beberapa waktu lalu," ujarnya.

Dia mengurai, proyek jalan tol Mamminasata ini, akan menghubungkan kawasan industri, yang ada pada empat daerah tersebut. 

"Ini nanti rencananya akan menghubungkan kawasan industri, dengan Makassar New Port nanti," jelasnya. 

Kehadiran Tol Mamminasata ini, adalah bagian dari pengembangan jalan Middle Ring Road. Jadi, nantinya tinggal dikoneksikan saja. 

"Kami berharap proyek ini bisa cepat terealiasasi, sehingga nantinya dapat mendukung konektivitas daerah penyangga di Sulsel," pungkasnya.

Selian Mamminasata, tiga proyek tol lainnya yang akan dibangun Jokowi, yaitu Jalan Tol Solo - Yogyakarta - NYIA Kulon Progo (93,14 Km) dengan biaya Rp 28,58 triliun. Jalan Tol Yogyakarta - Bawen (76,36 Km) dengan biaya Rp 17,38 triliun.

Ketiga, Jalan Tol Gedebage Tasikmalaya - Cilacap (206,65 Km) biaya sebesar Rp57,594 triliun.