Jumat, 22 November 2019 14:59

Mourinho: Saya Itu Orangnya Rendah Hati Loh

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jose Mourinho. (Foto: Metro UK)
Jose Mourinho. (Foto: Metro UK)

Jose Mourinho mengaku telah menganalisis perjalanan kariernya selama libur melatih. Lelaki asal Portugal itu sadar banyak melakukan kesalahan.

RAKYATKU.COM - Jose Mourinho mengaku telah menganalisis perjalanan kariernya selama libur melatih. Lelaki asal Portugal itu sadar banyak melakukan kesalahan.

Mourinho resmi kembali melatih setelah ditunjuk Tottenham Hotspur sebagai manajer baru. Dia menggantikan Mauricio Pochettino yang dipecat menyusul start buruk musim ini.

Ini jadi pekerjaan pertama Mourinho selepas dipecat Manchester United pada Desember 2018 lalu. 

Menganggur beberapa bulan memberikan kesempatan Mou mempelajari hal-hal baru sekaligus menganalisis berbagai aspek dalam kariernya.

Mourinho mengakui melakukan banyak kesalahan dalam perjalanan karier sebelumnya, walau tak mau menjelaskan apa saja kesalahan itu. 

Namun, dia cuma menegaskan telah menunjukkan ia cukup rendah hati untuk mengevaluasi diri sendiri.

"Saya menyadari kalau saya membuat kesalahan-kesalahan sebelumnya. Saya tak akan membuat kesalahan yang sama. Saya akan membuat kesalahan lagi, tapi tidak sama dengan sebelumnya," ungkap Mourinho dikutip BBC.

"Saya rendah hati, cukup rendah hati untuk mencoba menganalisis karier saya, tidak cuma tahun lalu, tapi keseluruhannya, evolusinya, problem-problemnya, dan solusi-solusinya. Bukan untuk menyalahkan orang lain."

"Itu sesuatu yang bagus. Saya melakukannya dengan sangat mendalam, analisis itu. Jeda kemarin berjalan sangat positif untuk saya. Itu adalah musim panas pertama di mana saya tak bekerja dan saya merasa sedikit kebingungan di periode pramusim itu."

"Saya itu selalu rendah hati, dengan cara saya sendiri. Masalahnya adalah kalian tidak memahami itu," kata eks manajer Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid itu.

Laga tandang ke markas West Ham United, Sabtu malam WIB (23/11/2019) akan menjadi pertandingan pertama Mourinho bersama Tottenham.