Jumat, 15 November 2019 17:41

Kalla Lines Sabet Predikat Bronze pada Kompetisi Opexcon

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Kalla Lines.
Foto: Kalla Lines.

Kalla Lines mewakili Kalla Automotive Transport Logistics mendapat gelar bronze pada kompetisi antar perusahaan nasional Opexcon

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kalla Lines mewakili Kalla Automotive Transport Logistics mendapat gelar bronze pada kompetisi antar perusahaan nasional Opexcon di Jakarta, November 2019 ini.

Operational Excellence Conference atau Opexcon adalah kompetisi eksternal berlevel nasional dan diikuti hampir semua perusahaan besar di Indonesia. Perwakilan dari Kalla Automotive Transport Logistics ini adalah Kalla Lines yang merupakan pemenang dari Breakthrough Project internal pada tahun sebelumnya dari Kalla Group. 

Ada tiga kompetisi serupa yang intens diikuti oleh Kalla Automotive Transport Logistics di setiap tahunnya, yaitu National Kaizen Innovation Marathon yang di adakan oleh Toyota Astra Motor, Operational Excellence Conference (Opexcon), dan Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN).

Opexcon ini terbagi menjadi dua tahapan, di mana tahap pertama diselenggarakan pada September yaitu final presentation di Jakarta. Selanjutnya tahap keduanya pengumuman pemenang yang di rangkaian dengan konferensi yang dilakukan selama satu hari di Jakarta.

Untuk materi project yang diperlombakan adalah materi project yang telah memenangkan kompetisi internal Kalla Group, serta telah diberikan penyesuaian materi, penyempurnaan project dan memenuhi kriteria yang telah di tetapkan oleh Opexcon, di antaranya metedologi serta urutan slide presentasi.

Menurut Jamal Manrafi Daud selaku kandidat dari Kalla Lines yang berjuang di Opexcon tahun ini, prestasi ini adalah prestasi persama. 

"Secara pribadi saya sangat terbantu oleh dukungan teman-teman dari Kalla Group dalam dua bulan terakhir ini, mulai dari penyusunan konsep, persiapan, dan penguasaan materi. Konten sampai teknik presentasi akhir, membuat saya pribadi menjadi lebih semangat menghadapai event ini,” ujarnya. 

Jamal menambahkan, seperti harapan Kalla Lines, materi project yang diikutsertakan adalah bagaimana Kalla Lines bisa mengintegrasikan layanan marketing logistic, menyatukan bisnis logistic darat dan laut utamanya dalam hal vehicle delivery. 

"Saya juga mengucapakan terima kasih kepada top management Holding Kalla Group terkhusus jajaran Chief Kalla Automotive Transport Logistics di mana saya telah diberikan kesempatan yang sangat luar biasa untuk mengikuti kontes improvement skala nasional seperti ini," tambahnya.

Chief Operation Officer Kalla Lines, M Naim, mengaku salut kepada tim Kalla Lines, karena prestasi ini mereka bisa mengharumkan nama perusahaan dan menunjukan kalau perusahaan ini telah berada di level tertinggi. Dengan prestasi ini tim akan makin matang untuk ke depan demi memajukan Kalla Lines. 

"Harapan kami ke depan khusus untuk angkutan kendaraan yang kami kelola (RORO), bisa tetap menjadi market leader di Indonesia timur, dan akan  mengembangkan bisnis ini ke seluruh wilayah Indonesia," katanya.