Kamis, 14 November 2019 11:11

Makassar Cycling Club, Akan Menjajal  Makassar-Mamuju TH 2020

Muh. Taufik
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Makassar Cycling Club, Akan Menjajal  Makassar-Mamuju TH 2020

Liem Tjong San (om San) kembali terpilih sebagai Ketua Makassar Cycling Club (MCC) periode 2019-2021. Ini adalah periode kelimanya sebagai pemimpin di komunitas sepeda Makassar yang kini yang telah me

RAKYATKU.COM, MAKASSAR- Liem Tjong San (om San) kembali terpilih sebagai Ketua Makassar Cycling Club (MCC) periode 2019-2021. Ini adalah periode kelimanya sebagai pemimpin di komunitas sepeda Makassar yang kini yang telah memasuki usia 26 tahun tersebut.

Berdiri sejak 30 April 1993, MCC merupakan salah satu komunitas paling disegani di Makassar. Sekarang anggotanya berjumlah 82 orang. Sebagai ketua, Liem Tjong San ingin menjadikan komunitasnya semakin besar, dan semakin kompak.

“Kami mau klub kami semakin besar, dan semakin banyak dikenal orang. Dari Jawa atau kota mana pun, kalau datang ke Makassar, mereka langsung tahu tentang komunitas kami. Sehingga mereka bisa bergabung,” ujarnya.

MCC memiliki tiga filosofi, yaitu Friendship, Solidarity, dan Fraternity. Berawal dari persahabatan dengan tingkat solidaritas tinggi, seluruh anggota bisa menyatu bagai saudara. “Itu semboyan kami,” ungkapnya. 

Selain itu, sambung Liem Tjong San, MCC juga ingin menjadikan bersepeda sebagai sarana mempromosikan Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka mengajak cyclist di Indonesia untuk gowes beramai-ramai ke Sulsel.

MCC sudah merencanakan sejumlah event  pada tahun depan. Pertama, mereka akan mengadakan gowes ke Thailand. Selain itu, ada dua event bersepeda lokal yang sedang dimatangkan.

“Untuk 2020 kami berencana membuat event skala nasional ke Mamuju atau melanjutkan edisi kedua dari Gran Fondo Toraja. Jadi antara dua event ini. Tetapi kalau bisa dua-duanya, ya kami bikin semua,” jabarnya.

Untuk gowes ke Mamuju, panjang rutenya mencapai 440 kilometer. Gowes akan dilakukan selama dua hari. Start dari Makassar, dan finis di Kabupaten Mamuju, ibu kota provinsi Sulawesi Barat. Elevasi tertingginya sekitar 1000 meter. “Tapi event ini masih dalam proses pematangan,” bilangnya.

Yang paling mungkin digelar adalah Gran Fondo Toraja 2020. Sebab, banyak cyclist yang berminat dan berharap event ini digelar kembali. Sebelumnya, Gran Fondo Toraja berlangsung sukses pada Juli 2019 lalu.