Senin, 11 November 2019 17:17

APBD 2020, Pemprov Sulsel Anggarkan Rp500 Miliar Bantuan Keuangan Daerah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan anggaran Rp200 miliar untuk bantuan keuangan daerah pada APBD Pokok 2020. 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan anggaran Rp200 miliar untuk bantuan keuangan daerah pada APBD Pokok 2020. 

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan jumlah bantuan keuangan daerah itu, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp300 miliar.

"Skema penyaluran anggaran bantuan keuangan tahun ini memang berubah. Tahun depan Pemprov sudah menyiapkan anggaran, Pemprov juga meminta masukan program dari setiap daerah-daerah,” kat Andi Sudirman di kantor Gubernur Sulsel, Senin (11/11/2019).

Terkait mekanisme pemberian bantuan, Andi Sudirman menyebutkan, terdapat beberapa kategori program yang menjadi syarat pemberian bantuan keuangan. Syarat tersebut, di antaranya berdasarkan kebutuhan pembangunan infrastruktur jalan.

"Mengenai progresnya sudah bagus, karena kita juga memulai di pertengahan tahun. Di antara daerah-daerah ada satu yang belum sempat menyelesaikan program prioritas, karena mereka ragu dengan akses, karena besar jembatan yang mau dibuat dan ragu juga takut alat berat tidak dapat masuk," terang Andi Sudirman.

Ia menambahkan, perbaikan infrastruktur ini membutuhkan biaya yang besar. Akan tetapi, Pemerintah Daerah (Pemda) atau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bisa sharing atau berbagi dengan anggaran bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Sulsel.