Jumat, 08 November 2019 17:25

5 Stasion KA Makassar-Parepare Sudah dalam Proses Pengerjaan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
5 Stasion KA Makassar-Parepare Sudah dalam Proses Pengerjaan

5 stasiun Kereta Api Trans Sulawesi Makassar-Parepare, sudah dalam proses pengerjaan. Sementara jalur kereta api.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - 5 stasiun Kereta Api Trans Sulawesi Makassar-Parepare, sudah dalam proses pengerjaan. Sementara jalur kereta api di Kabupaten Barru dengan panjang 44 kilometer, sudah selesai.

Kepala Humas Pengembangan Perkeretaapian Sulawsi Selatan, Arinova G Utama, menjelaskan pengoperasian secara resmi Kereta Api ini, nantinya akan dilakukan jika semuanya sudah siap sarananya.

"Jalurnya sudah siap, cuma memang untuk operasionalnya, sejauh ini belum ada operator sarana kereta apinya, dan ini aturannya berada di pusat," ujarnya, Jumat (8/11/2019).

Katanya, soal penunjukan operator, kata dia itu menjadi kewenangan Direktorat Lalu Lintas, Ditjen KA.

"Kalau operator sudah ada, maka akan dioperasikan secara parsial jalur yang ada di Kabupaten Barru. Sedangkan untuk jalur Pangkep-Maros sekitar 59 Km, saat ini pembebasan lahan terus dirampungkan, agar pengerjaan konstruksi bisa segera dimulai dan diharapkan selesai akhir 2020," paparnya.

Kementerian Perhubungan saat ini melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian dalam hal ini, Tim Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Timur (Satuan Kerja Pengembangan Perkeretaapian Makassar – Parepare), terus merampungkan pembebasan lahan di dua kabupaten yaitu Pangkep dan Maros.

Setelah beberapa waktu lalu, pembayaran lahan di Maros. Kali ini mereka membayarkan 5 bidang lahan untuk warga yang berada di Kabupaten Pangkep.