Jumat, 08 November 2019 15:15

WhatsApp Hadirkan Fitur Baru Katalog Belanja

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
WhatsApp Hadirkan Fitur Baru Katalog Belanja

Facebook Inc telah meluncurkan fitur katalog untuk WhatsApp, kemarin. Langkah ini untuk membangun layanan e-commerce aplikasinya.

RAKYATKU.COM - Facebook Inc telah meluncurkan fitur katalog untuk WhatsApp, kemarin. Langkah ini untuk membangun layanan e-commerce aplikasinya.

Facebook telah berusaha meningkatkan pendapatan dari unit-unitnya, seperti Instagram dan Whatsapp.

Produk News Feed andalan perusahaan ini bahkan terus menghasilkan iklan besar. 

Langkah ini dilakukan setelah Facebook menambahkan fitur belanja ke Instagram pada bulan Maret yang memungkinkan pengguna mengklik opsi 'checkout' pada item yang ditandai untuk dijual dan membayarnya langsung di dalam aplikasi.

Fitur baru WhatsApp itu menyasar pengguna utama aplikasi WhatsApp Business. 

"Kami membuka perdagangan sebagai babak baru," Amrit Pal, seorang manajer produk di WhatsApp, mengatakan kepada Reuters. "Kami mendengar dari bisnis setiap hari bahwa WhatsApp adalah tempat mereka bertemu pelanggan mereka, daripada mengirim mereka ke situs web."

Chief Executive Officer, Mark Zuckerberg telah mengumumkan rencana untuk mengalihkan fokus perusahaan ke obrolan pribadi. Dengan menambahkan bot dan alat augmented reality dalam beberapa tahun terakhir untuk mendorong bisnis berkomunikasi dengan konsumen pada layanan pesannya.

Facebook mengatakan tahun lalu bahwa pihaknya akan mulai membebankan biaya pada bisnis untuk mengirim pesan pemasaran dan layanan pelanggan di WhatsApp dengan tarif tetap untuk pengiriman terkonfirmasi, mulai dari 0,5 sen hingga 9 sen per pesan tergantung pada negara.

Lebih dari 100 bisnis sekarang menggunakan produk berbayar itu, menurut juru bicara WhatsApp, sementara sekitar 5 juta menggunakan layanan WhatsApp Business gratis. Facebook belum mengungkapkan pendapatan dari upaya pengiriman pesan bisnisnya.

Fitur katalog WhatsApp tersedia untuk pengguna di Brasil, Jerman, India, Indonesia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat dan akan diluncurkan di seluruh dunia dalam beberapa minggu ke depan, kata juru bicara itu.