Selasa, 05 November 2019 15:23

Wagub Sulsel Hadiri Sosialisasi Penanganan Benturan Kepentingan dan Whistle Blower System

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wagub Sulsel Hadiri Sosialisasi Penanganan Benturan Kepentingan dan Whistle Blower System

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri Sosialisasi Penanganan Benturan Kepentingan dan Whistle Blower System Lingkup Pemerintah Daerah se Sulsel, di Hotel Melia,

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri Sosialisasi Penanganan Benturan Kepentingan dan Whistle Blower System Lingkup Pemerintah Daerah se Sulsel, di Hotel Melia, Selasa (5/11/2019). 

Dalam sambutannya, Andi Sudirman mengaku ingin memastikan tidak ada konflik kepentingan di dalam proses pemeriksaan. 

“Jika desain by sistemnya sudah berjalan, maka tentu akan berjalan lebih independen dan lebih terbuka, tidak ada conflict of interest,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Andi Sudirman, adalah wacana peningkatan kapasitas APIP, serta posisi dalam eselonisasi. Termasuk mutasi atau pergeseran melalui intervensi persetujuan Irjen Kementerian.

“Kita akan lihat sejauh mana bisa efektif,” terangnya.

Jika selama ini hanya dilakukan satu kali evaluasi internal, maka pihaknya akan menggodok pemeriksaan dan evaluasi, serta pengawasan internal dilakukan tiga kali setahun.

“Kami masih menggodok perubahan Pergubnya. Jadi nantinya ada di awal, di tengah dan di akhir tahun. Termasuk mengarahkan, mencegah, mengevaluasi dan penindakan,” bebernya.

Menurut Andi Sudirman, jika hanya dilakukan evaluasi di akhir anggaran, memungkinkan kesalahan-kesalahan yang berjalan lama serta menyimpang sudah jauh, baru bisa ditemukan. Tidak ada evaluasi dan peringatan.

“Harapan ke depan, dengan tiga kali pemeriksaan, kita bisa meminimalisir temuan-temuan yang tidak perlu terjadi karena pemeriksaan akan ada tahapan,” ungkapnya.