Sabtu, 26 Oktober 2019 08:46

"Saya Heran, Suami Tahu Rincian Kegiatan Pribadi Saya", Perangkat Lunak Penguntit Kini Makin Banyak 

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Getty Images.
Foto: Getty Images.

'Laporan harian kegiatan Amy siap untuk dilihat' begitu isi notifikasi itu.

RAKYATKU.COM - Amy (nama samaran) bingung kenapa suaminya tahu segala rincian tentang ia dan teman-teman dekatnya.

Kadang suaminya ikut nimbrung bercakap-cakap, padahal seharusnya itu hal yang sangat pribadi.

"Kadang dia bilang dia lihat saya di kafe waktu saya sedang ketemu teman. Katanya dia tak sengaja lewat situ. Lalu saya mulai mempertanyakan segala hal, termasuk mulai tak mempercayai teman-teman saya," katanya.

Selama berbulan-bulan hal ini terus menumpuk dan pernikahan Amy yang tak sehat berubah jadi mimpi buruk. Sampai suatu saat si suami memperlihatkan foto anak mereka yang ia ambil, dan tak sengaja notifikasi muncul dan Amy bisa membacanya.

'Laporan harian kegiatan Amy siap untuk dilihat' begitu isi notifikasi itu.

"Saya merasa ngeri dan napas saya berhenti sejenak. Saya bahkan pura-pura ke kamar mandi menenangkan diri agar anak saya yang ada di situ saat itu tak melihat kengerian saya," kata Amy.

Lalu Amy ke mengecek ke komputernya dan tahu perangkat lunak apa yang dipakai suaminya.

Perangkat penguntit itu bernama spouseware, sebuah perangkat pengawas yang canggih, dijual daring.

Lewat perangkat itu, semua pesan bisa dibaca, aktivitas layar direkam, lokasi GPS dilacak dan kamera bisa dipakai untuk memata-matai apa yang dilakukan oleh si pemilik telepon pintar.

Amy kini sudah bercerai dari suaminya dan kini ia tinggal di tempat yang berjauhan dengan bekas suaminya.

Menurut perusahaan keamanan siber, Kaspersky, orang yang telah menggunakan perangkat itu di telepon pintar mereka meningkat setidaknya 35% tahun lalu.

Peneliti Kaspersky mengatakan bahwa teknologi perlindungan mereka telah mendeteksi adanya perangkat penguntit telah dipasang di 37.532 gawai sejauh ini.

Menurut peneliti utama mereka, David Emm, ini merupakan "puncak dari gunung es yang sangat besar".

"Orang biasanya rutin mengecek laptop mereka, tapi jarang yang mengecek telepon genggam," katanya.

Temuan Kaspersky memperlihatkan Rusia merupakan negara dengan tingkat penggunaan perangkat lunak penguntit tertinggi.

India, Brasil, Amerika Serikat dan Jerman ada di urutan berikut, dengan Inggris berada di urutan kedelapan dengan deteksi sebanyak 730 gawai.

Perusahaan keamanan siber lain mengatakan ada langkah praktis untuk mengetahui apakah mereka sedang dimata-matai.

"Selalu disarankan untuk mengecek aplikasi apa yang ada di telepon pintar anda dan pindai dengan anti virus. Jika ada aplikasi yang tak Anda kenali, cari tahu dan hapus kalau perlu," kata Jake Moore dari Eset.

"Sebagai panduan umum, kalau ada aplikasi tak anda pakai, hapus saja."

Organisasi advokasi menyatakan penguntitan semacam ini menimbulkan trauma.

Gemma Toynton, dari lembaga pertolongan terhadap KDRT Safer Places, mengatakan ia melihat adanya dampak jangka panjang dari hal ini dalam kasus yang ia tangani.

"Ini mengurangi kepercayaan orang," katanya. "Hal ini membuat mereka meilhat telepon atau laptop sebagai senjata, karena itulah yang mereka lihat."

"Dalam benak mereka, teknologi menjadi seperti jaring, dan banyak yang akhirnya tak lagi mau memakai internet.

"Penguntitan seperti itu benar-benar mempengaruhi hidup."

Saya mencoba salah satu produk penguntitan paling populer, harganya £140 (sekitar Rp1,9 juta) untuk memata-matai selama tiga bulan.

Saya pasang di telepon pintar saya, dan saya dapat layanan 24 jam dari perusahaan penjual apabila saya menemukan masalah dalam penggunaannya.

Perusahaan spyware ini mengiklankan layanan mereka sebagai produk untuk "mengawasi pegawai" atau "mengawasi anak".

Di beberapa negara, termasuk Inggris Raya, penggunaan perangkat lunak penguntit terhadap pasangan adalah sesuatu yang melanggar hukum. Maka situs-situs yang menawarkan ini dipenuhi dengan peringatan.

Namun, beberapa situs memasang artikel yang merekomendasikan perangkat ini sebagai alat memata-matai "istri atau suami yang suka berselingkuh".

Dalam percakapan dengan petugas perusahaan penjual, saya bertanya langsung: "Saya ingin memasang ini di telepon istri saya, apakah bisa secara rahasia?"

Petugas layanan konsumen menjawab: "Aplikasi ini akan bekerja tak terlihat, sejak pertama kali dipasang. Dengan senang hati saya akan membantu."