Sabtu, 12 Oktober 2019 20:06

Jepang Mulai Ungsikan Ratusan Ribu Warga Jelang Badai Hagibis

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jepang Mulai Ungsikan Ratusan Ribu Warga Jelang Badai Hagibis

Jepang menghadapi Badai Hagibis akhir pekan ini. Sebagai langkah antisipasi, pemerintah Negeri Sakura itu pun menyarankan ratusan ribu rumah tangga untuk mengungsi.

RAKYATKU.COM - Jepang menghadapi Badai Hagibis akhir pekan ini. Sebagai langkah antisipasi, pemerintah Negeri Sakura itu pun menyarankan ratusan ribu rumah tangga untuk mengungsi.

Sejumlah pemerintah kota telah memberikan peringatan evakuasi terhadap daerah-daerah yang berisiko. Termasuk beberapa tempat di wilayah Tokyo yang paling padat penduduknya, menurut penyiar publik NHK, dikutip dari VoA, Sabtu (12/10/2019).

Reuters melansir, Hagibis yang berarti "cepat" dalam bahasa Tagalog, diperkirakan akan melanda Pulau Honshu pada Sabtu malam. Artinya bencana ini terjadi hanya sebulan setelah Topan Faxai menghancurkan atau merusak 30 ribu rumah dan menyebabkan pemadaman listrik yang luas. 

Faxai disebut sebagai badai terkuat yang melanda negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

Gelombang badai diperkirakan terjadi di sepanjang pantai Pasifik Honshu pada hari Sabtu dan Minggu, bersamaan dengan hujan lebat. Kondisi tersebut diperkirakan akan meningkatkan risiko banjir dan tanah longsor.