Sabtu, 12 Oktober 2019 14:08

Sentilan Surya Paloh ke Gerindra yang Ajukan Syarat Gabung Koalisi Jokowi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Surya Paloh. (Foto: Media Indonesia)
Surya Paloh. (Foto: Media Indonesia)

Ketua Umun Partai NasDem, Surya Paloh, tidak mempermasalahkan apabila Partai Gerindra bergabung dalam koalisi pemerintahan.

RAKYATKU.COM - Ketua Umun Partai NasDem, Surya Paloh, tidak mempermasalahkan apabila Partai Gerindra bergabung dalam koalisi pemerintahan.

"Itu hak prerogatif presiden (Joko Widodo). Presiden anggap itu perlu dalam kepemimpinannya, silakan. Kan presiden yang menentukan. Beliau memiliki hak prerogratif dalam menyusun kabinetnya. NasDem harus konsisten," ujar Paloh di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10/2019).

Namun, Paloh menyinggung Gerindra yang mengajukan syarat sebelum bergabung dalam koalisi pemerintah. Menurut Paloh, hal itu tidak konsisten. "Katanya mau dukung tanpa syarat, belum berapa lama sudah berubah pakai syarat," ketus Paloh.

Paloh tidak khawatir kursi menteri untuk koalisi berkurang apabila Gerindra bergabung. NasDem akan tetap mendukung pemerintah meski tidak dapat kursi dalam kabinet.

"Nggak masalah bagi NasDem. Ada di kabinet boleh, nggak ada di kabinet juga nggak apa apa. Tapi dukungan pada Jokowi jalan," tuturnya.

Paloh tak menjelaskan detail syarat dari Gerindra yang disinggungnya. Akan tetapi, Gerindra memang mengajukan konsep ketahanan pangan, ketahanan energi dan ketahanan keamana kepada Jokowi.

Jika konsep-konsep Gerindra diterima Jokowi, maka barulah ada pembicaraan soal kemungkinan kader partai yang dipimpinan Prabowo itu akan menempati pos-pos terkait.

Sumber: Detik.com