Selasa, 08 Oktober 2019 15:43

Pilot Nyatakan Darurat saat Penerbangan Gara-gara Aroma Durian

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pilot Air Canada Boeing 767 dengan penerbangan ROU1566 menyatakan penerbangan yang di kemudikannya dalam kondisi darurat dan menjatuhkan masker oksigen pesawat.

RAKYATKU.COM - Pilot Air Canada Boeing 767 dengan penerbangan ROU1566 menyatakan penerbangan yang di kemudikannya dalam kondisi darurat dan menjatuhkan masker oksigen pesawat.

Hal tersebut setelah penerbangan itu terusik oleh aroma buah durian. Durian adalah buah dengan bau paling menyengat di dunia.

Pilot menyatakan Pan Pan, yakni level gawat tertinggi kedua dalam dunia penerbangan. Istilah Pan Pan digunakan untuk situasi yang serius, tetapi tidak mengancam jiwa.

Penerbangan ROU1566 akhirnya putar balik ke kota Vancouver, Kanada, karena aroma durian dalam pesawat yang sulit dihilangkan. Aroma durian berasal dari durian yang disimpan dalam ruang kargo pesawat.

Usai menemukan sumber aroma durian, 245 penumpang dan delapan kru pesawat yang berharap segera tiba di Montreal, terpaksa harus mengalami gangguan perjalanan sekitar 37 menit.

Air Canada menolak berkomentar atas insiden ini yang terjadi pada 17 September lalu. Aroma durian diduga muncul setelah sebuah pesawat dari Indonesia dikandangkan. 

Dari situ, aroma durian tercium hingga sempat menimbulkan percekcokan di kabin. Buah durian yang bikin geger itu lalu disimpan di bagian depan kargo pesawat Air Canada ROU1566. 

Setelah burung besi ROU1566 mendarat di Vancouver, pesawat baru boleh melayani penerbangan setelah 20 jam sejak waktu ketibaan.

Sumber: Mirror