Selasa, 08 Oktober 2019 15:28

Pisang Muda, Matang atau Berbintik, Mana yang Lebih Baik?

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
INT
INT

Pisang mentah, sudah masak atau yang berbintik hitam, masing-masing memiliki rasa, tekstur, dan penggunaan yang berbeda.

RAKYATKU.COM - Pisang adalah buah yang menyehatkan, tapi manfaatnya bisa bergantung jenis pisang apa yang Anda makan.

Pisang mentah, sudah masak atau yang berbintik hitam, masing-masing memiliki rasa, tekstur, dan penggunaan yang berbeda. Nilai gizinya juga berubah saat pisang matang.

1. Pisang Hijau
Pisang hijau yang masih mentah penuh dengan pati resisten yang sedikit lebih keras untuk dipecah dalam perut.

Hal terbaik tentang pisang hijau adalah indeks glikemiknya yang rendah. Pati diubah menjadi glukosa yang mengontrol kadar gula darah.

2. Pisang matang
Ini kebalikan dari pisang hijau. Pisang yang sudah matang memiliki indeks glikemik tinggi, tetapi mudah dicerna.

Nutrisinya cepat diserap oleh tubuh karena kandungan pati rendah. Juga, ini sarat dengan antioksidan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Satu-satunya bagian yang tidak menguntungkan adalah bahwa tingkat gizinya telah berkurang.

Tip: Jika Anda ingin mencegah kehilangan nutrisi, simpan pisang di dalam kulkas.

3. Pisang berbintik
Pisang jenis ini lebih manis. Jumlah pati di dalamnya telah diubah menjadi gula. Dan, semakin banyak bintik-bintik coklatnya, maka semakin manis rasanya.

Pisang berbintik dapat meningkatkan kekebalan karena memiliki antioksidan yang lebih tinggi, yang juga dikaitkan dengan pencegahan kanker.

Bintik-bintik coklat ini dihubungkan dengan Tumor Necrosis Factor (TNF) yang berpotensi membunuh tumor penyebab kanker.

4. Pisang coklat
Ini adalah tahap terakhir dari pisang, tepat sebelum dinyatakan busuk. Pisang ini memiliki tekstur lembek karena kandungan gula yang sangat tinggi di dalamnya.

Ini sudah tidak mengandung pati sama sekali, karena semuanya telah diubah menjadi gula. Tetapi ini memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi.

Meskipun sulit untuk dimakan biasa, ini sempurna untuk diolah menjadi kue.

Kesimpulan
Makan pisang tergantung pada manfaat yang Anda butuhkan. Jika Anda menderita diabetes, lebih baik makan pisang hijau. Jika Anda ingin menikmati rasanya dan manfaat antioksidannya, pilihlah pisang kuning atau berbintik. Untuk mendapatkan antioksidan yang lebih banyak, pisang cokelat yang terbaik.