Selasa, 01 Oktober 2019 04:30

Tips agar Selalu Bersyukur dan Tidak Mengeluh Lagi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Islam mengajarkan bahwa bersyukur akan membuat Allah swt mengucurkan rahmat dan rezeki secara berlimpah.

RAKYATKU.COM - Islam mengajarkan bahwa bersyukur akan membuat Allah swt mengucurkan rahmat dan rezeki secara berlimpah. Hanya, dalam praktik kehidupan sehari-hari masih banyak orang mengeluhkan nikmat yang ada. 

Agar tidak seperti itu, ada baiknya Anda mengikuti tips bersyukur berikut. Dilansir laman Pesantren Tebuireng, salah satu tips jitu agar selalu bersyukur adalah dengan mengingat kesempurnaan yang telah dianugerahkan Allah swt kepada kita. Lalu melihat kekurangan atau beban berat orang lain.

Namun, apabila yang terjadi adalah melihat kekurangan diri dan membandingkannya dengan kelebihan orang lain, maka akibatnya adalah susah bersyukur dan ingkar atas nikmat yang telah Allah swt berikan.

Hal tersebut senada dengan penjelasan Abdul Wahhab asy-Sya’roni dalam kitab Mizan al Kubra: “Aku mendengar guruku Syekh Ali al Khowwas berkata, ‘Perbanyaklah kau ingat kesempurnaan dalam dirimu semampu mungkin, karena itu akan membuatmu selalu bersyukur kepada Allah. dan juga jangan perbanyak menyebut kekurangan dalam dirimu, karena hal itu akan membuatmu sedikit bersyukur’.”

Untuk mengamalkan tips bersyukur di atas memang tidak mudah. Sebab, terkadang keikhlasan seseorang goyah karena digoda setan.

Pada hakikatnya setiap insan adalah manusia yang kadang lupa dan khilaf. Untuk itu umat muslim perlu untuk sering menengok firman Allah yang menegaskan bahwa jika bersyukur, Allah akan mengucurkan nikmat yang berlimpah.

Hal tersebut merupakan firman Allah secara langsung yang termaktub dalam QS. Ibrahim ayat 7: “Sesungguhnya jika engkau bersyukur, niscaya Aku akan menambah (kenikmatan) kepadamu.”