Kamis, 26 September 2019 15:00

440 Pasang Sepatu Hak Tinggi Milik Perempuan yang Terbunuh Jadi Karya Seni

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Istimewa.
Foto: Istimewa.

Seniman Vahit Tuna memajang 440 pasang sepatu hak tinggi di jalanan Kota Istanbul, Turki. Ratusan sepatu itu menjadi karya seni yang bikin ngeri pengunjung.

RAKYATKU.COM - Seniman Vahit Tuna memajang 440 pasang sepatu hak tinggi di jalanan Kota Istanbul, Turki. Ratusan sepatu itu menjadi karya seni yang bikin ngeri pengunjung.

Angka 440 sepatu hak tinggi melambangkan jumlah perempuan yang terbunuh dalam kekerasan domestik maupun seksual yang terjadi di Turki sepanjang pada 2018. 

Di Turki, ada tradisi menempatkan sepatu seseorang yang meninggal di pintu masuk rumah. "Kami berdiri di jalan dan mungkin ini karya seni yang membuat ngeri untuk pertama kalinya, ada luka yang terbuka, dan berdarah," katanya dilansir Reuters, Kamis (26/9).

Lewat karya seni tersebut, Vahit Tuna, ingin menciptakan kesadaran dan mempengaruhi cara orang untuk berpikir. "Terus terang saya tidak merasa aman di jalanan. 

Ada 440 pasang sepatu yang artinya 440 nyawa hilang pada 2018, ini sangat mengecewakan," ujar salah seorang pengunjung.

Menurut laporan yang diterbitkan We Will Stop Femicide Platform, ada 440 perempuan yang terbunuh pada 2018. Pada Agustus 2019 saja, ada 49 perempuan dibunuh oleh pria dan angka itu mencengangkan warga Turki.