Rabu, 25 September 2019 00:06

Ini yang Dilakukan Jokowi Saat Mahasiswa Demo Seharian

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ini yang Dilakukan Jokowi Saat Mahasiswa Demo Seharian

RAKYATKU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap berkantor di Istana saat ada demonstrasi seharian ini di Jakarta. Jokowi memanggil menteri hingga bertemu dengan massa aksi petani.

Pada pagi harinya, tepatnya pukul 09.25 WIB, Jokowi memanggil Menko Perekonomian Darmin Nasution. Sekitar 45 menit kemudian, Darmin keluar. Namun ia tidak menjelaskan isi pertemuan dengan Jokowi

"Ada yang perlu dijelasin lah. Urusan-urusan minta pandangan presiden beberapa hal," kata Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, dilansir detik.com, Selasa (24/9/2019).

Sekitar pukul 11.00 WIB, Jokowi menerima massa petani yang menggelar demo di depan Istana. Massa petani masuk lewat 'pintu samping' Istana.

Dalam pertemuan dengan 8 perwakilan pengunjuk rasa, Jokowi didampingi oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Seusai pertemuan, Moeldoko menjelaskan pada pertemuan tersebut para petani menyampaikan secara langsung persoalan reforma agraria kepada Presiden.

"Tadi presiden telah menemui pergerakan tani, sudah menyampaikan persoalan dalam konteks reforma agraria. Sudah dicatat semua oleh Presiden di antaranya bagaimana tentang redistribusi, perhutanan sosial, masyarakat transmigrasi, dan macam-macam," kata Moeldoko.

Pada siang hingga malam hari, tidak terlihat satupun tamu yang masuk melalui sisi Istana Negara. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jokowi sudah pulang sekitar pukul 19.20 WIB.

Seperti diketahui, hari ini terdapat sejumlah aksi unjuk rasa di depan Istana ataupun depan gedung DPR. Demo mahasiswa di pun makin rusuh. Pos polisi Palmerah terbakar hingga beberapa pintu gerbang DPR dijebol.