Selasa, 17 September 2019 15:52

OJK Edukasi Masyarakat Parepare Jadi Investor Andal dan Cerdas

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
OJK Edukasi Masyarakat Parepare Jadi Investor Andal dan Cerdas

Pemerintah Kota Parepare menggandeng OJK dalam mengedukasi masyarakat Parepare, termasuk sejumlah ASN menjadi investor andal, cerdas, dan aman.

RAKYATKU.COM, PAREPARE -- Pemerintah Kota Parepare menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mengedukasi masyarakat Parepare, termasuk sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi investor andal, cerdas, dan aman dari investasi bodong.

Edukasi bertemakan "Cerdas Berinvestasi di Pasar Modal" yang digelar di Ruang Pola Setdako Parepare, Selasa, (17/9/2019) ini menghadirkan Zulmi, Kepala OJK Regional VI Sulawesi, Maluku dan Papua, Fahmin Amirullah, Kepala Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Makassar, dan Umar, Pimpinan Dana Reksa Cabang Makassar sebagai narasumber. 

Kepala OJK Regional VI, Zulmi mewarning agar masyarakat dan ASN lebih berhati-hati dalam berinvestasi. Maraknya pinjaman online yang mengiming-imingkan kemudahan pinjaman harus menjadi perhatian

"Banyak sekali oknum-oknum yang menawarkan investasi. Mudah-mudahan tidak ada yang korban di sini. Jika ingin berinvestasi, sebaiknya berinvestasilah pada lembaga yang telah mendapat izin OJK," paparnya.  

Kendati demikian, ia menawarkan layanan aduan kepada masyarakat yang tertipu investasi bodong.

"Seandainya di antara kita ada yang bermasalah di lembaga formal dan non formal, OJK menyiapkan layanan aduan online 157 atau bisa datang di kantor kami di Makassar, atau bisa juga berkirim surat, Insya Allah akan kami bantu," tuturnya. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim mengatakan, edukasi investasi pasar modal yang digelar OJK tersebut merupakan upaya untuk memberikan edukasi tentang pengelolaan keuangan di pasar modal. 

"Ini merupakan langkah strategis meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam literasi keuangan yang diharapkan agar masyarakat melek keuangan sebagai penggerak ekonomi. Hal ini karena kita lihat tingkat literasi pemahaman pasar modal masyarakat relatif masih rendah," papar Pangerang. 

Selain memberikan cara cerdas berinvestasi, kegiatan itu pula juga mendorong atau memotivasi masyarakat agar terjun ke usaha pasar modal. 

"Edukasi ini sangat penting agar dapat menjadi investor andal di pasar modal. Masyarakat dapat diedukasi tidak hanya mengalokasikan uangnya untuk menabung tetapi juga berinvestasi di pasar modal, secara cerdas dan aman," tambah Fahmin Amirullah, Kepala Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Makassar.

Adapun lembaga yang mendapat izin OJK dalam berinvestasi aman, yakni

1. Danareksa Sekuritas
2. Valbury sekuritas
3. Trimegah sekuritas
4. Mandiri sekuritas
5. Indo primier sekuritas
6. Sinarmas sekuritas
7. Mirae asset sekuritas
8. Rhb sekuritas
9. Panin sekuritas
10. Bosowa sekuritas
11. Reliance sekuritas
12. Bni sekuritas
13. Kresna sekuritas
14. Oso sekuritas
15. Mega capital sekuritas
16. Mnc sekuritas
17. Phitraco sekuritas