Jumat, 13 September 2019 13:37

Penderita Trypophobia Ingin Bakar iPhone 11 Gara-gara Lubang Kameranya

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
FOTO: NEWS 18.
FOTO: NEWS 18.

Apple meluncurkan model smarphone terbarunya, yakni tiga seri iPhone 11, Selasa (11/9/2019). Selain pujian, model terbaru itu juga mendapat nyinyiran.

RAKYATKU.COM - Apple meluncurkan model smarphone terbarunya, yakni tiga seri iPhone 11, Selasa (11/9/2019). Selain pujian, model terbaru itu juga mendapat nyinyiran.

Beberapa penggemar teknologi memuji desain dan spesifikasi ponsel baru. Namun, fitur ponsel yang diberikan tambahan tiga kamera ini justru membuat beberapa orang geli, khususnya penderita trypophobia.

Trypophobia adalah ketakutan intens dan tak bisa dijelaskan dengan kata-kata terhadap lubang kecil, pola lubang berkerumun (clustered holes), dan kelompok lingkaran dan bulatan-bulatan kecil dan teratur seperti yang ada di sarang madu, bunga lotus, atau gelembung busa sabun, karang laut, kacang polong, delima, kelompok mata serangga.

Mengutip berbagai sumber, trypophobia diklaim diciptakan salah satu warganet dalam forum online. Kata ini berasal dari dua kata Yunani, yaitu trypo yang berarti lubang dan phobos berarti ketakutan.

Namun, para ahli masih berbeda pendapat soal reaksi yang terjadi, apakah reaksi ketakutan atau perasaan jijik. Namun beberapa hasil studi menunjukkan dibanding rasa takut melainkan jijik. Reaksi jijik pada lubang ini berhubungan dengan respons evolusioner manusia pada penyakit atau infeksi parasit. 

Psikolog, Geoff Cole, pemimpin studi mengungkapkan ketakutan ini bersifat luas dan mendominasi. Selain itu trypophobia juga berkaitan dengan reaksi tubuh akan ancaman dari zaman kuno.

Untuk rasa jijik dan takut pada lubang berpola seperti pada kasus iPhone 11 ini cukup mudah dikenali. Reaksi pertamanya adalah bergidik atau merinding, kulit dan wajah memucat. Frekuensi denyut jantung berubah cepat setelah melihat lubang-lubang tersebut.

Gejala lainnya yang mungkin timbul adalah banyak keringat, kaki dan tangan dingin, ruam dan kulit gatal, mual dan muntah, sulit bernapas, dan tubuh tak bertenaga.

Warganet mengaku tak nyaman saat melihat lokasi dan posisi tiga kamera di iPhone 11.

"Saya punya trypophobia yang sangat buruk selama bertahun-tahun dan melihat foto dari iPhone 11 baru di semua timeline membuat saya ingin membakarnya. Hentikan," tulis akun @EmHarriss.

"iPhone 11 memicu trypophobia saya," tulis @donbosconovitch.

Sumber: CNN Indonesia