Kamis, 05 September 2019 12:15

Wanita Ini Tak Bersihkan Make Up dengan Benar, Tungau Hidup di Bulu Matanya

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wanita Ini Tak Bersihkan Make Up dengan Benar, Tungau Hidup di Bulu Matanya

Seorang wanita berusia 32 tahun dari Provinsi Hubei, Cina, mengalami mata gatal dan kering dengan bulu matanya rontok dalam enam bulan terakhir. Dia dengan cepat pergi ke dokter dan menemukan bahwa ad

RAKYATKU.COM - Seorang wanita berusia 32 tahun dari Provinsi Hubei, Cina, mengalami mata gatal dan kering dengan bulu matanya rontok dalam enam bulan terakhir. Dia dengan cepat pergi ke dokter dan menemukan bahwa ada tungau yang hidup di bulu matanya.

Menurut Health Line, tungau ini disebut tungau Demodex dan mereka memakan sel-sel kulit mati di folikel rambut. Setiap orang memiliki jumlah kecil tungau ini, tetapi mereka mungkin juga menjadi masalah dalam jumlah besar, yang kemudian dapat menyebabkan masalah kulit lebih lanjut.

Dokter memeriksa bulu mata wanita itu di bawah mikroskop dan menemukan bahwa banyak tungau merangkak di sekitar bulu matanya di mana kelenjar meibom berada, dikutip dari Oriental Daily, Kamis (5/9/2019).

Dokter kemudian menebak jika pasiennya itu tidak menghapus makeup-nya dengan benar. Hal ini menyebabkan sejumlah besar tungau berkembang biak di bulu matanya.

"Tidak heran bahwa dalam enam bulan terakhir, mata saya selalu terasa kering dan gatal, dan bulu mata saya sering rontok," kata wanita itu.

Dokter kemudian menyarankannya untuk membersihkan riasannya secara menyeluruh setiap kali dia memakainya untuk mengurangi kemungkinan tungau tumbuh ke jumlah yang tidak normal. Jika kondisinya semakin memburuk dan tidak diobati tepat waktu, akan butuh waktu lama untuk pulih.

Dalam kasus yang parah, bahkan dapat menyebabkan lesi mata - pertumbuhan jinak pada mata. Selain itu, menghilangkan riasan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan serangkaian penyakit mata seperti blepharitis dan konjungtivitis.