Sabtu, 31 Agustus 2019 19:20

PDIP Minta Diganti, KPU Pertahankan Caleg Perempuan Asal Dapil Sumsel 1

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Riezky Aprilia bersama ayahnya, Rustam Effendi.
Riezky Aprilia bersama ayahnya, Rustam Effendi.

Caleg terpilih PDIP asal Dapil Sumatera Selatan 1, Riezky Aprilia selamat. KPU RI menolak permintaan PDIP untuk membatalkan keterpilihannya.

RAKYATKU.COM - Caleg terpilih PDIP asal Dapil Sumatera Selatan 1, Riezky Aprilia selamat. KPU RI menolak permintaan PDIP untuk membatalkan keterpilihannya.

PDIP meminta membatalkan tiga caleg terpilih dalam rapat pleno KPU RI, Sabtu (31/8/2019). Namun, hanya dua yang dikabulkan karena dianggap memenuhi syarat.

Permohonan tersebut sebelumnya disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto dalam rapat pleno terbuka penetapan kursi dan calon terpilih anggota DPR dan DPD.

Dalam permohonannya, PDIP meminta KPU tak menetapkan caleg dengan suara terbanyak kedua dan ketiga di dapil Kalbar 1, atas nama Alexius Akim dan Michael Jeno. 

Peraih suara terbanyak meninggal dunia. Alexius Akim yang mendapat suara terbanyak kedua dipecat oleh PDIP karena melanggar kode etik. 

Mestinya, peraih suara terbanyak ketiga yang mendapat jatah kursi DPR RI, yakni Michael Jeno. Namun, Michael sudah mengundurkan diri dari PDIP.

PDIP meminta kursi tersebut dilimpahkan ke caleg dengan suara terbanyak keempat. 

"Permohonan kita terima," kata Ketua KPU Arief Budiman di gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. 

"Berdasarkan aturan, apabila calon terpilih tidak memenuhi syarat, maka peroleh suara terbanyak berikutnya yang akan naik. Karena (suara tertinggi ke) 2 dan 3 diberhentikan dan mengundurkan diri, maka diisi oleh (suara tertinggi ke-4) Maria Lestari," tambah Arief.

Berbeda dengan permohonan PDIP untuk caleg di dapil Sumsel 1. KPU RI menolak permintaan itu. Riezky Aprilia tetap disahkan sebagai caleg terpilih untuk periode 2019-2024.

Riezky Aprilia adalah peraih suara terbanyak kedua di Dapil Sumsel 1. Anak mantan Wali Kota Lubung Linggau, Rustam Effendi itu mengumpulkan suara lebih 44 ribu.

Peraih suara terbanyak kedua adalah Nazaruddin Kiemas. Dia adalah saudara kandung Taufik Kiemas, mantan Ketua MPR RI sekaligus suami Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.
 
Nazaruddin Kiemas meninggal dunia dua pekan sebelum pencoblosan atau pemungutan suara. Meski begitu, dia tetap menjadi peraih suara terbanyak PDIP di Dapil Sumsel 1.

Entah apa yang terjadi, PDIP meminta KPU menetapkan caleg nomor urut 6 atas nama Harun. Namun, KPU RI menolaknya.