Kamis, 29 Agustus 2019 22:50

Instruksi Jokowi soal Papua: Tindak Tegas Pelaku Anarkis dan Rasialis

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Detik.com)
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Detik.com)

Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajaran aparat keamanan, untuk menindak tegas pelaku tindakan anarkisme dan rasialis ke Mahasiswa Papua.

RAKYATKU.COM - Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajaran aparat keamanan, untuk menindak tegas pelaku tindakan anarkisme dan rasialis ke Mahasiswa Papua.

"Tadi malam saya perintahkan ke Menkolpulhukam bersama Kapolri, Kepala BIN, dan Panglima TNI, untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapapun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkis serta rasialis," kata Jokowi di Purworejo, sebagaimana disiarkan langsung akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/8/2019) malam.

Di sela kunjungan kerjanya, Jokowi mengaku terus mengikuti dan memantau situasi terkini di Papua, khususnya di Jayapura. 

"Dan saya juga minta masyarakat tenang tidak melakukan tindakan-tindakan yang anarkis," tambahnya. 

Jokowi mengingatkan semuanya akan kerugian yang timbul, apabila ada fasilitas umum, fasilitas publik yang rusak. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menegaskan bahwa pemerintah akan memajukan Papua, baik lewat pembangunan infrastruktur fisik maupun sumber daya manusia. 

"Agar kita semuanya utamanya khususnya mama-mama, pace, mace, anak-anak Papua bisa lebih maju dan lebih sejahtera," kata dia.