Minggu, 25 Agustus 2019 16:18

28 Hari Setelah Bebas, Eks Panglima Laskar Jihad Jafar Umar Thalib Meninggal Dunia

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jafar Umar Thalib semasa hidup
Jafar Umar Thalib semasa hidup

Kabar mengejutkan datang dari mantan Panglima Laskar Jihad, Ustaz Jafar Umar Thalib. Dia dikabarkan meninggal dunia, Minggu (25/8/2019).

RAKYATKU.COM - Kabar mengejutkan datang dari mantan Panglima Laskar Jihad, Ustaz Jafar Umar Thalib. Dia dikabarkan meninggal dunia, Minggu (25/8/2019).

Kabar itu datang dari kuasa hukumnya, Achmad Michdan. Ustaz Jafar Umar Thalib disebut meninggal dunia di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

Jafar Umar Thalib baru saja bebas setelah divonis lima bulan penjara terkait kasus kekerasan oleh Pengadilan Negeri Makassar. Vonis jatuh pada Selasa (16/7/2019).

Namun, Ustaz Jafar hanya menjalani sisa masa hukuman beberapa hari karena sudah ditahan selama ini. Dia tinggal menjalani sisa hukuman 11 hari. Dia menghirup udara bebas pada 28 Juli 2019.

Kasus Ustaz Jafar Umar Thalib berawal saat Henock Niki (41) memutar musik rohani dengan volume keras di rumahnya, Jalan Protokol Koya Barat, Distrik Muara Tami, Jayapura, pada Rabu (27/2/2019). 

Tiba-tiba Henock dikagetkan tujuh orang yang datang ke rumahnya. Tujuh orang itu termasuk Jafar Umar Thalib menegur Henock karena telah mengganggu ibadah di masjid.

Polisi mengatakan, Ustaz Jafar diduga memerintahkan dua santrinya, yakni AJU (20) dan S (42), memakai samurai miliknya untuk memotong kabel dan sound di rumah korban. Dua samurai itu turut diamankan.

Persidangan Jafar sendiri diputuskan digelar di Makassar dengan alasan keamanan. Hasilnya, dia divonis lima bulan penjara.