Rabu, 21 Agustus 2019 04:00

Alami 6 Masalah Ini, Saatnya Anda Mencari Pekerjaan Baru

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Setiap orang bekerja untuk perubahan atau kemajuan hidup. Namun tidak sedikit yang bekerja bertahun-tahun tanpa ada kemajuan signifikan.

RAKYATKU.COM - Setiap orang bekerja untuk perubahan atau kemajuan hidup. Namun tidak sedikit yang bekerja bertahun-tahun tanpa ada kemajuan signifikan.

Padahal loyalitas terhadap perusahaan sudah Anda tunjukkan. Pujian sering Anda terima dari atasan, tapi Anda menjalani rutinitas, posisi sama, serasa berjalan di tempat. Tapi Anda bimbang mengundurkan diri dari pekerjaan lama karena alasan usia dan takut meninggalkan zona nyaman.

Josh Shipp, ahli karier dari Amerika Serikat mengungkapkan, "Anda perlu memperhatikan tanda-tanda di lingkungan kerja, dan mencari tahu  apakah sudah waktunya keluar dan menemukan karier baru." Kenali tandanya sperti di bawah ini dikutip dari aura.tabloidbintang.com.

1. Tidak ada promosi
Sudah bekerja lebih dari 4 tahun, tapi tak kunjung ada perubahan signifikan dalam haljabatan,  maupun penghasilan. Mungkin Anda yang kurang berbakat dalam pekerjaan Anda saatini atau memang tidak ada jenjang karier yang jelas dalam perusahaan. Cari tahu seperti apa kinerja Anda di mata atasan. Tanyakan, berkonsultasi dan mintalah penjelasan pada atasan Anda.

2. Mulai dilanda kebosanan akut
Tidak ada ide-ide baru, tidak ada impian, dan cita-cita baru. Yang Anda lakukan hanyalah menghabiskan waktu 8 jam sehari, 40 jam seminggu, dan menanti saat gajian.

3. Bangun pagi dan berangkat ke kantor menjadi saat-saat paling menyiksa
Jangankan beranjak dari tempat tidur. Membayangkan kemacetan yang harus Anda hadapi dan menghadapi berjam-jam di kantor beserta orang-orangnya sudah membuat Anda frustasi

4. Perusahaan tempat Anda bekerja mulai bermasalah
Adanya penurunan penghasilan perusahaan, penghematan dilakukan di sana-sini, dan gosipnya pengurangan karyawan akan dilakukan. Nah lho, saatnya siap-siap cari pekerjaan baru!

5. Ide dan komunikasi mentok
Rasanya Anda sudah sering memberikan masukan atau ide, namun seperti angin lalu saja. Dalam hal ini bukan berarti Anda tidak pernah didengar, mungkin saja ide Anda yang kurang tepat diimplementasikan. Lama-lama, Anda merasa malas berkomunikasi atau menyampaikan pendapat apapun. Ini salah satu hal yang berbahaya, dan tidak baik pengaruhnya secara psikis.

6. Perangai Anda berubah
Menjadi cepat gugup, kurang percaya diri, dan Anda terlihat seperti orang depresi setiap kali berurusan dengan pekerjaan.