Rabu, 21 Agustus 2019 02:00

Cek Kesehatan Anda dengan Urine, Bila Berbau Amis Waspada Penyakit Ini

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)

Dalam beberapa kondisi, bau urine dapat berubah atau berfluktuasi karena beberapa alasan. Terkadang urine bisa berbau amis.

RAKYATKU.COM - Dalam beberapa kondisi, bau urine dapat berubah atau berfluktuasi karena beberapa alasan. Terkadang urine bisa berbau amis.

Walaupun ini biasanya bersifat sementara dan mudah diatasi, kadang-kadang bisa menjadi tanda dari kondisi mendasar yang membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Berikut beberapa alasan urine berbau amis atau seperti 'ikan asin'.

1. Makanan dan dehidrasi
Urine mengandung beberapa senyawa kimia dari makanan yang dikonsumsi. Senyawa ini bakal membawa sebagian aroma makanan ke dalam urine.

Jadi, tak heran jika setelah mengonsumsi ikan urine Anda akan berbau amis. Selain ikan, urine berbau amis bisa karena kafein, asparagus serta kecambah dan kubis Brussel, dikutip dari himedik.com.

Dehidrasi juga bisa menyebabkan atau memperburuk bau amis dalam urine. Saat Anda mengalami dehidrasi, ada sedikit air untuk melarutkan konsentrasi bahan kimia sehingga membuat urine berbau lebih kuat.

2. Infeksi Saluran Kemih (ISK)
ISK bisa menyebabkan bakteri dari infeksi mencemari urine. Hal ini lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria.

Gejala lainnya termasuk:

Urin yang keruh atau berdarah
Rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil
Merasakan kebutuhan untuk buang air kecil segera atau sering
Sakit perut atau punggung bagian bawah
Demam ringan

3. Vaginosis bakteri
Vaginosis bakteri terjadi saat ada terlalu banyak bakteri 'jahat' di dalam vagina, mengganggu keseimbangan bakteri 'baik' dan 'jahat'.

Hal ini bisa menyebabkan keputihan yang berbau keabu-abuan dan berbau amis yang mungkin terlihat saat buang air kecil. Namun, beberapa wanita yang mengalami kondisi ini tidak menunjukkan gejala apapun.

4. Batu Ginjal
Batu ginjal yang bergerak ke dalam atau dari ginjal bisa menyebabkan infeksi di suatu tempat di saluran kemih.

Infeksi ini bakal memengaruhi urine, dan bisa menyebabkannya berbau seperti ikan. Ini juga dapat menyebabkan darah dalam urine atau urine berkeruh.

Batu ginjal bisa menyebabkan nyeri hebat yang menjalar dari samping dan kembali ke arah pangkal paha. Rasa sakit ini bakal datang dalam gelombang dan berfluktuasi dalam intensitas. Ini dapat menyebabkan muntah dan mual yang parah.