Minggu, 18 Agustus 2019 04:00

Protes Hong Kong Makin Panas, 'Spiderman' Datang Bentangkan Spanduk Perdamaian

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Protes Hong Kong Makin Panas, 'Spiderman' Datang Bentangkan Spanduk Perdamaian

Pria bernama Alain Robert, atau yang dikenal dengan julukan 'Spideman Prancis' beraksi di tengah ketegangan protes di Hong Kong. Dia memanjat gedung tinggi sambil mengibarkan spanduk perdamaian.

RAKYATKU.COM - Pria bernama Alain Robert, atau yang dikenal dengan julukan 'Spideman Prancis' beraksi di tengah ketegangan protes di Hong Kong. Dia memanjat gedung tinggi sambil mengibarkan spanduk perdamaian.

Pria berusia 56 tahun itu memanjat gedung Cheung Kong Centre yang memiliki 68 lantai dengan peralatan panjatnya. Spanduk yang merupakan gabungan bendera China dan Hong Kong itu dibentangkan di gedung itu.

Ketika aksi itu berlangsung, polisi langsung mengamankan lokasi. Petugas juga naik ke lantai 11 untuk mencopot bendera. Robert dilaporkan telah ditahan pihak berwenang karena aksinya itu.

Dalam sebuah pernyataan, Robert mengatakan aksi nekatnya merupakan 'permintaan untuk mendesak perdamaian dan konsultasi antara rakyat Hong Kong dan pemerintah mereka'.

"Mungkin apa yang saya lakukan dapat menurunkan suhu dan membangkitkan senyuman," ujarnya dikutip dari Al-Jazeera, Minggu (18/8/2019).

Robert sebelumnya dilarang melakukan aksi panjat gedung sejak satu tahun lalu. Terakhir dia ditangkap karena memanjat hotel di Hong Kong.

Dia tercatat pernah menaklukkan gedung-gedung tinggi di berbagai negara seperti Burj Khalifa di Dubai, Menara Eiffel, Gedung Opera Sydney dan Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur.