Minggu, 04 Agustus 2019 10:00

Penyandang Disabilitas Derita Prolaps Rectum, Bupati Selayar: Jangan Khawatir Biaya RS

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Arang terbaring di RSUD KH Hayyung Selayar karena penyakit Prolaps Rectum.
Arang terbaring di RSUD KH Hayyung Selayar karena penyakit Prolaps Rectum.

Arang, warga Kabupaten Kepulauan Selayar dirawat di RSUD KH Hayyung Selayar karena penyakit Prolaps Rectum

RAKYATKU.COM, KEPULAUAN SELAYAR - Arang, warga Kabupaten Kepulauan Selayar dirawat di RSUD KH Hayyung Selayar karena penyakit Prolaps Rectum yang merupakan kondisi adanya bagian dinding rektum keluar dari anus.

Karena tergolong keluarga kurang mampu dan penyandang disabilitas, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar bergerak cepat dengan menanggung seluruh pengobatan Arang. 

Bupati Kepulauan Selayar, Muhammad Basli Ali, menyampaikan kepada pihak keluarga agar jangan memikirkan biaya. Itu karena akan ditanggung oleh pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. Rencananya Arang akan dirujuk ke Kota Makassar.

"Biaya perawatan Arang yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit akan ditanggung pemerintah daerah termasuk rujukan ke rumah sakit di Makassar, pemerintah daerah juga akan melunasi biaya rumah sakit. Ada KIS juga yang bisa dipakai secara gratis, jadi keluarga Arang jangan khawatir biar fokus merawat Arang," terang Basli Ali, Sabtu (3/8/2019).

Direktur RSUD KH Hayyung, Hazairin Nur, mengatakan Arang membutuhkan penanganan ekstra sehingga harus dirujuk ke Makassar. Ia juga menceritakan kronologi sampai Arang dibawa ke RSUD KH Hayyung.

"Saya mendapat informasi Arang terbaring sakit dari temannya. Setelah informasinya lengkap, pihak saya perintahkan dan menurunkan tim untuk menjemput Arang di tempatnya karena memang Arang masuk dalam kategori ekonomi menegah ke bawah. Kami langsung jemput Arang," tutur Hazairin.

Tiba di rumah sakit, Arang diobservasi dan hasilnya memang Arang harus dirujuk ke Makassar untuk pengobatan yang lebih intens dan saat itu pihak keluarga Arang belum mau karena beberapa pertimbangan. 

"Tapi alhamdulillah hari ini keluarga Arang sudah bersedia untuk menandatangani rujukan Arang ke Makassar atas bantuan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar," ujar Hazairin.

Mendengar kabar soal sakitnya Arang, bantuan terus mengalir baik itu melalui donasi, ataupun bantuan langsung yang diserahkan ke pihak keluarga. 

Saudara kandung Basli Ali, yakni Natsir Ali seorang pengusaha sukses di Makassar bersedia menanggung biaya pengobatan Arang, baik di Selayar maupun di Makassar.