Rabu, 24 Juli 2019 09:01

Korea Utara Punya Kapal Selam Baru, Bisa Membawa Banyak Rudal

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memeriksa kapal selam yang baru dibangun. (Foto: KCNA / KNS / REUTERS)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memeriksa kapal selam yang baru dibangun. (Foto: KCNA / KNS / REUTERS)

Pemimpin Korea Utara dikabarkan telah memeriksa kapal selam baru, yang diyakini para ahli dapat membawa banyak rudal, termasuk yang berkemampuan nuklir.

RAKYATKU.COM - Pemimpin Korea Utara dikabarkan telah memeriksa kapal selam baru, yang diyakini para ahli dapat membawa banyak rudal, termasuk yang berkemampuan nuklir.

Media pemerintah Korea Utara KCNA melaporkan bahwa Kim Jong Un menyatakan sangat puas dengan kapal selam itu. Dia memuji kapal baru itu sebagai "demonstrasi lain dari kekuatan industri pertahanan kita."

Dia juga "menekankan perlunya meningkatkan kemampuan pertahanan nasional dengan mengarahkan upaya besar untuk pengembangan senjata dan peralatan angkatan laut seperti kapal selam," kata KCNA, Selasa (23/07/2019).

Laporan itu mengatakan bahwa kapal selam itu akan melakukan tugasnya di perairan operasional Laut Timur. Namun mereka tidak memberikan rincian tentang kemampuan taktis kapal selam tersebut atau ukuran fisiknya.

Berdasarkan analisis foto, para ahli militer mengatakan kapal itu memiliki kemajuan dalam persenjataan maritim Korea Utara. Itu diyakini mampu membawa banyak rudal dan mungkin cukup besar untuk membawa beberapa proyektil.

Menurut Wall Street Journal, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan akan memantau situasi dengan seksama tetapi tidak berkomentar lebih lanjut.

Laporan kapal selam ini muncul ketika negosiasi perlucutan senjata antara AS dan Korea Utara tetap macet.