Selasa, 23 Juli 2019 06:30

Pembeli Tak Diketahui, Video Asli Pendaratan di Bulan Dilelang Rp35,9 M

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto pendaratan di bulan 50 tahun lalu. (Foto: Geek.com)
Foto pendaratan di bulan 50 tahun lalu. (Foto: Geek.com)

Merayakan 50 tahun keberhasilan pendaratan di Bulan, tiga rekaman video asli dari pencapaian manusia itu dijual di pelelangan dengan harga tinggi.

RAKYATKU.COM - Merayakan 50 tahun keberhasilan pendaratan di Bulan, tiga rekaman video asli dari pencapaian manusia itu dijual di pelelangan dengan harga tinggi. Namun, pembelinya tidak diketahui.

Kabarnya rekaman video itu dilelang dengan harga USD2,58 juta atau setara Rp35,9 miliar. Dilansir ABC, rumah lelang Sotheby menjual tiga rekaman video NASA asli Neil Armstrong dan pendaratan Buzz Aldrin di Bulan. 

Angka yang mencapai USD2,58 juta ialah 8.000 kali lipat dari harga yang dibayarkan oleh pekerja magang NASA pada 1976.

Ini diklaim merupakan gambar video "paling awal, paling tajam dan paling akurat yang masih ada dari langkah pertama manusia di Bulan".

"Lima puluh tahun yang lalu hari ini, kami mencapai pencapaian manusia terbesar di dunia, dan apa yang kami ingat secara universal tentang peristiwa itu paling baik didokumentasikan dalam rekaman ini," kata Cassandra Hatton dari Sotheby.

Misi Apollo 11 menarik perhatian di seluruh dunia terkait manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan.

Rekaman itu memperlihatkan gambar-gambar yang sekarang terkenal di seluruh dunia, termasuk langkah pertama Armstrong, Aldrin menuruni tangga pendarat, penanaman bendera Amerika dan Aldrin memantul di sepanjang permukaan bulan.

Kaset-kaset itu diputar selama dua jam dan 24 menit, menunjukkan keseluruhan berjalan di Bulan seperti yang terlihat oleh Mission Control, termasuk panggilan telepon dengan Presiden AS Richard Nixon.