Minggu, 14 Juli 2019 21:14

Pria Ini Alami Kebutaan Karena Lupa Lepas Lensa Kontak Saat Mandi

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi lensa kontak. (Sumber: Shuttertsock)
Ilustrasi lensa kontak. (Sumber: Shuttertsock)

Nick Humphreys mengalami rasa gatal dan nyeri hebat di mata kanannya pada Januari 2018. Meski sudah menggunakan obat tetes mata dan mengurangi paparan cahaya gadget, masalah di mata kanannya tak kunju

RAKYATKU.COM - Nick Humphreys mengalami rasa gatal dan nyeri hebat di mata kanannya pada Januari 2018. Meski sudah menggunakan obat tetes mata dan mengurangi paparan cahaya gadget, masalah di mata kanannya tak kunjung hilang.

Pemeriksaan dokter menyebut ada luka terbuka di matanya. Dokter pun mendiagnosis Humphreys dengan penyakit acanthamoeba keratitis, infeksi parasit yang terjadi akibat paparan luka di mata oleh air yang terkontaminasi.

Acanthamoeba keratitis merupakan infeksi mata langka yang terjadi akibat parasit Acanthamoeba menginfeksi mata. Penyakit ini lebih rentan menyerang pengguna lensa kontak saat berinteraksi dengan air.

Tak sampai dua bulan, Humphreys pun harus kehilangan penglihatan di mata kanannya, dikutip dari suara.com.

Demi mencegah hal yang sama terjadi pada orang lain, Humphreys pun kini aktif di lembaga amal Fight for Sight. Ia sering mengampanyekan bahaya penggunaan lensa kontak saat mandi.

"Jika aku mendapat penglihatanku kembali, aku tak akan pernah menggunakan lensa kontak lagi," ujarnya.