Selasa, 09 Juli 2019 21:13

Pahala Unismuh Jadi Tuan Rumah Jambore XII Mapala Muhammadiyah Se-Indonesia

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pahala Unismuh Jadi Tuan Rumah Jambore XII Mapala Muhammadiyah Se-Indonesia

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menjadi tuan rumah Jambore XII Forum Komunikasi dan Media Informasi (FKMI) Mapala Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se-Indonesia (MPTM-SI), yang digelar tanggal

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menjadi tuan rumah Jambore XII Forum Komunikasi dan Media Informasi (FKMI) Mapala Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se-Indonesia (MPTM-SI), yang digelar tanggal 2-9 September 2019 mendatang.

Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) Pemerhati Alam dan Lingkungan ( PAHALA ) Universitas Muhammadiyah Makassar, menjadi pelaksana kegiatan dua tahunan sekali tersebut. 

"Dua tahun lalu, Jambore FKMI MPTM-SI dilaksanakan di Tangerang. Tahun ini kegiatan yang sama akan kembali dilaksanakan dan kami sebagai tuan rumah," ungkap Ketua panitia pelaksana, Muh Azmi Akramullah, (Selasa 9/7/2019).

Tomket, sapaan akrab Muh Azmi Akramullah mengatakan, jambore FKMI MPTM-SI merupakan forum komunikasi antar organisasi Mapala yang bernaung di bawah perguruan tinggi Muhammadiyah se-Indonesia. Dalam kegiatan ini nantinya, akan ada forum diskusi (sarasehan), membahas persoalan lingkungan dari daerah masing-masing.

"Persoalan lingkungan di daerah masing-masing akan disampaikan dan dibahas di dalam sarasehan yang dilaksanakan di Bantimurung, Kabupaten Maros," tambahnya.

Selain mendiskusikan persoalan lingkungan hidup, Wahyu Setiawan, Ketua Umum Pahala Unismuh ini menjelaskan, Jambore tersebut juga akan diisi dengan latihan gabungan (latgab) oleh para delegasi Mapala PTM SI. Latgab ini akan dilaksanakan di empat kabupaten berbeda di Sulsel. 

"Latgab devisi gunung hutan lintas alam di Kabupaten Gowa, di gunung Lomppobattang-Bawakaraeng. Devisi susur gua dilaksanakan di gua Latif dan Gowa Katinggian kabupaten Maros. Divisi panjat tebing di tebing Lopi-lopi kab Maros. Devisi arung jeram dilaksanakan di Sungai Rongkong kabupaten Luwu Utara, dan Divisi lingkungan hidup dan budaya di dusun Takkalalla dan dusun Karampuang kabupaten Sinjai," jelas Ubur-ubur, nama lapangan Wahyu Setiawan.