Selasa, 09 Juli 2019 15:11

5 Teh Herbal yang Dapat Membantu Mengelola Diabetes

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Teh hiaju
Teh hiaju

Diabetes adalah suatu kondisi yang menyebabkan kadar gula darah tinggi dalam darah.

RAKYATKU.COM - Diabetes adalah suatu kondisi yang menyebabkan kadar gula darah tinggi dalam darah.

Terlepas dari pengobatan, penderita diabetes diharuskan mengikuti gaya hidup sehat untuk menjaga kondisi ini terkendali.

Beberapa orang akan disarankan untuk mengurangi konsumsi gula, karbohidrat olahan, lemak jenuh dan lemak trans.

Sebaliknya, ada makanan dan minuman tertentu yang bisa memberikan efek positif.

Di bawah ini beberapa teh herbal dapat membantu mengelola kadar gula darah secara alami:

1. Teh ginseng
Ginseng cenderung memperlambat penyerapan karbohidrat dan meningkatkan sekresi insulin dari pankreas. Dianjurkan untuk minum secangkir setiap pagi untuk menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali.

2. Teh lidah buaya
Penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu dalam memerangi tanda-tanda diabetes tipe 2 dan mengurangi kadar glukosa pada orang-orang yang menunjukkan gejala prediabetes.

Caranya: Tambahkan 1 sendok teh gel aloe vera ke dalam secangkir teh hitam, atau teh hijau yang diseduh. Anda juga dapat membeli teh lidah buaya pra-campur yang tersedia di pasaran.

3. Teh hijau
Ini memiliki efek besar pada tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol buruk. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi hingga 6 cangkir teh hijau setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Perlu diingat bahwa Anda harus menghindari pemanis apa pun dalam teh ini. Sebagai gantinya tambahkan beberapa tetes jus lemon.

4. Teh funugreek
Tanaman aromatik ini sangat kaya serat larut, yang dapat mengurangi gula darah dengan memperlambat penyerapan karbohidrat. Ini juga kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral.

5. Teh oolong
Tingkat kafein dalam teh Cina populer ini dapat membantu penderita diabetes tipe 2 mengurangi gula darah.

Caranya: Campurkan 2 sendok teh daun oolong dalam secangkir air panas dan biarkan 1 hingga 5 menit. Hindari menggunakan air mendidih untuk membuat minuman herbal ini.