Selasa, 09 Juli 2019 00:01

Marquez Catat Rekor Menikung Paling Miring 66 Derajat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Marc Marquez-. (Foto: My Top Sportsbooks)
Marc Marquez-. (Foto: My Top Sportsbooks)

Marc Marquez pamer kemapuan membalap pada balapan MotoGP Sachsenring, Jerman.

RAKYATKU.COM - Marc Marquez pamer kemapuan membalap pada balapan MotoGP Sachsenring, Jerman. Pembalap Repsol Honda itu melakukan hal tak masuk akal dan ilmu pasti.

Pembalap asal Spanyol itu melakukan manuver berbelok dengan kemiringan 66 derajat dalam sesi latihan.

Pada manuver dan posisi seperti itu motor yang ditunggangi Marquez beserta sisi tubuh sebelah kanannya benar-benar "mencium" panasnya aspal sirkuit.

Sudut kemiringan saat cornering itu pun telah memecah rekor sebelumnya yang juga telah ia buat di Mugello di angka 65 derajat.

Manuver itu bisa dikatakan hampir tidak mungkin bila dikalkulasikan dengan rumus fisika. Selain mampu melaju dengan kemiringan lebih dari 45 derajat, entah bagaimana Marquez dapat membuat motor yang seberat itu dapat tegak kembali.

Dilansir visordown, Marquez mengatakan hal itu dilakukannya bukan karena menikmati cara yang berbahaya. Ia melakukannya justru karena konfigurasi motornya yang mengharuskannya berbelok dengan kemiringan ekstrem.

"Jika kamu memerhatikannya tahun ini kami berbelok terlalu miring. Alasannya adalah karena motornya tidak berbelok. Oleh karena itu saya melakukan cara ini bukan karena saya menyukainya, tetapi karena saya perlu melakukannya," katanya.

Torehan ini seakan menjadi tantangan tersendiri untuk Marquez melakukan cornering yang lebih lagi pada setiap balapannya.

"Kami mencoba untuk mencari lebih banyak belokan dengan memodifikasi sasis," katanya.