Kamis, 04 Juli 2019 16:37

Ngeri! Dokter Tarik Cacing Pita Hampir 2 Meter dari Perut Pasien

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto Via Daily Mail
Foto Via Daily Mail

Sebuah video mengerikan menunjukkan ahli bedah mengeluarkan cacing pita sepanjang enam kaki (1,8 meter) dari perut pria India.

RAKYATKU.COM - Sebuah video mengerikan menunjukkan ahli bedah mengeluarkan cacing pita sepanjang enam kaki (1,8 meter) dari perut pria India.

Pria itu, Viren, pergi ke rumah sakit setelah menderita sakit perut selama 15 hari.

Ketika petugas medis memeriksanya, mereka menemukan sesuatu yang merayap di perutnya.

"Serangga itu milik keluarga cacing bernama Taeniidae," kata Dr DS Pawar, seorang ahli bedah di Rumah Sakit Jaipur yang diduga telah merawat Viren.

Dokter mengatakan kepada media lokal bahwa Viren kemungkinan telah menelan cacing tersebut setelah makan daging babi yang terkontaminasi atau tidak dimasak. 

Viren beruntung karena cacing dalam perut cepat dikeluarkan. Jika dibiarkan selama bertahun-tahun, itu bisa tumbuh hingga enam meter dan menyebabkan gejala parah termasuk epilepsi.

Nama ilmiah cacing pita adalah Taenia solium, yang memiliki tubuh seperti pita. 

Daging babi adalah sumber utama cacing ini. Itu bisa mengandung larva cacing pita, yang ketika dikonsumsi akan berkembang di dalam tubuh menjadi cacing dewasa. 

Infeksi usus yang disebabkan oleh cacing pita dewasa paling sering terjadi di negara berkembang, termasuk Asia dan Amerika Latin.