Senin, 24 Juni 2019 07:00

Alasan Setir Mobil di Indonesia Ada di Kanan

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kalau kita melihat mobil di beberapa negara lain, setirnya ada yang di sebelah kiri. Tetapi, kenapa setir mobil di Indonesia berada di sebelah kanan?

RAKYATKU.COM - Kalau kita melihat mobil di beberapa negara lain, setirnya ada yang di sebelah kiri. Tetapi, kenapa setir mobil di Indonesia berada di sebelah kanan?

Negara-negara di dunia ini terbagi menjadi dua dalam cara berkendara, yaitu left driving countries dan right driving countries.

Nah, Indonesia termasuk dalam left driving countries. Left-driving adalah cara berkendara di mana pengemudi menggunakan lajur kiri dalam berkendara.

Hal ini mengharuskan posisi setir berada di sebelah kanan. Selain Indonesia, dilansir laman Bobo, negara lain yang menggunakan setir kanan adalah Jepang, India, Malaysia.

Pengaruh Zaman Penjajahan

Indonesia pernah dijajah Inggris pada awal abad ke-19, yang menggunakan cara berkendara dengan setir mobil di sebelah kanan.

Pengaruh ini terus bertahan saat Belanda menjajah Indonesia dalam waktu yang sangat lama.

Nah, ketika Indonesia dijajah Jepang, kebiasaan ini terus berlanjut. Desain mobil buatan Jepang menggunakan setir di sebelah kanan.